Peran Keluarga Dalam Upaya Pencegahan Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) Hipertensi Melalui Perilaku CERDIK di RT 03 RW 02 Kelurahan Pandanwangi

  • Farah Choirunnisa Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Abstract

Latar belakang: Dalam membangun SDM yang berkualitas dalam pembangunan nasional dibutuhkan SDM yang tangguh secara fisik, mental yang kuat dan kesehatan yang prima.  Akan tetapi, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengabaikan perilaku hidup sehat, sehingga muncul penyakit menular dan tidak menular terutama pada penyakit tidak menular cukup tinggi di Indonesia. Di Jawa Timur prevalensi penyakit PTM paling tinggi adalah pada penyakit hipertensi yakni 36,3%, dan diabetes melitus 2,6% (Riskesdas, 2018). Di wilayah kerja Puskesmas Pandanwangi, penyakit Hipertensi menduduki peringkat teratas dalam Sepuluh Besar Penyakit dengan presentase 26%, hal ini menunjukkan darurat yang harus ditangani dengan cepat untuk menekan angka kesakitan/kematian akibat hipertensi. Adapun bentuk upaya pencegahan penyakit tidak menular terutama pada hipertensi adalah dengan melakukan perilaku “CERDIK” yaitu Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress.


Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui gambaran peran keluarga tentang berperilaku CERDIK sebagai upaya pencegahan risiko PTM pada keluarga di RT 03 RW 02 Kelurahan Pandanwangi.


Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan informan penelitian yaitu teknik Purposive sampling dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian berjumlah 11 orang dengan uraian 5 ibu yang memiliki hipertensi, 4 ayah, 1 lansia dan 1 kader.


Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah faktor predisposisi (pengetahuan dan sikap) perilaku CERDIK pada keluarga masih kurang dikarenakan kurangnya informasi lebih lanjut mengenai perilaku CERDIK dari petugas kesehatan. Sikap dalam menerapkan perilaku CERDIK pada keluarga masih belum secara menyeluruh. Faktor pendukung dalam ketersediaan obat dan cek keseehatan rutin di fasilitas kesehatan sebagian informan melakukan dan ada pula yang tidak. Peran keluarga dalam faktor pendorong yakni keluarga memberi dukungan emosional dan aksi sangat berdampak dalam menerapkan perilaku CERDIK untuk saling menjaga kesehatan anggota keluarga.


Kesimpulan: perilaku CERDIK pada keluarga didapatkan informan cukup baik mengetahui apa itu pola hidup sehat. Akan tetapi, informan belum mengetahui sepenuhnya pola hidup sehat dengan perilaku CERDIK dalam pencegahan hipertensi. Gambaran sikap keluarga dalam menerapkan perilaku CERDIK masih kurang, keluarga tidak sepenuhnya dalam menerapkan perilaku CERDIK. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan informan mengenai perilaku CERDIK dan kurangnya informasi lebih dari pihak petugas kesehatan mengenai indikator perilaku CERDIK.


Kata Kunci : Peran Keluarga, Perilaku CERDIK, Hipertensi

Published
2024-05-03
How to Cite
CHOIRUNNISA, Farah. Peran Keluarga Dalam Upaya Pencegahan Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) Hipertensi Melalui Perilaku CERDIK di RT 03 RW 02 Kelurahan Pandanwangi. The Journal of Public Health Promotion, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 8-23, may 2024. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/edupro/article/view/4243>. Date accessed: 20 june 2024.