Peran Kader Sebagai Motivator Dalam Kelengkapan Kunjungan Antenatal Pada Ibu Hamil Trimester III

  • Sari Putri Handayani Poltekkes Kemenkes Malang
  • Jupriyono Jupriyono Poltekkes Kemenkes Malang
  • Ari Kusmiwiyati Poltekkes Kemenkes Malang

Abstract

Target cakupan kelengkapan kunjungan ANC secara nasional masih belum tercapai hingga saat ini. Salah satu faktorĀ  yang mempengaruhi frekuensi kunjungan antenatal care tersebut adalah peran kader kesehatan di masyarakat. Kader kesehatan memiliki peran sebagai motivator yang bisa mempengaruhi perilaku masyarakat sehingga dapat berperilaku positif untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Kader diharapkan mampu memberikan edukasi yang tepat agar ibu hamil di Indonesia mempunyai motivasi yang lebih tinggi untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin dan lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kader sebagai motivator dengan kelengkapan kunjungan antenatal pada ibu hamil trimester III. Desain penelitian analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional, dengan populasi semua kader berjumlah 31 orang dan ibu hamil sebanyak 35 orang. Pengumpulan data menggunakain kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Pearson Chi square. Hasil penelitian menunjukkan peran kader sebagai motivator sebagian kecil baik (9,7%) dan sebagian besar (90,3%) sangat baik. Sedangkan hasil evaluasi terhadap kelengkapan kunjungan antenatal ibu hamil trimester III yaitu sebagian besar (82,9%) lengkap dan sebagian kecil (17,1%) dalam kategori tidak lengkap. Dari hasil analisa data didapatkan bahwa bahwa ada hubungan antara peran kader sebagai motivator dengan kelengkapan kunjungan antenatal ibu hamil trimester III (p-value 0,013). Pendampingan yang dilakukan kader secara tidak langsung mampu membuat ibu hamil dan keluarga menjadi lebih perduli dan lebih memperhatikan kondisi kesehatan ibu dan bayinya

Published
2024-04-30
How to Cite
HANDAYANI, Sari Putri; JUPRIYONO, Jupriyono; KUSMIWIYATI, Ari. Peran Kader Sebagai Motivator Dalam Kelengkapan Kunjungan Antenatal Pada Ibu Hamil Trimester III. Malang Journal of Midwifery (MAJORY), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 67-76, apr. 2024. ISSN 2774-8650. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/MAJORY/article/view/4409>. Date accessed: 20 june 2024. doi: https://doi.org/10.31290/majory.v6i1.4409.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.