Studi Literatur: Efektivitas Birthing Ball Terhadap Nyeri Persalinan

  • Dwi Ajeng Ayu Ramhadani Poltekkes Kemenkes Malang, Indonesia
  • Afnani Toyibah Poltekkes Kemenkes Malang, Indonesia
  • Ari Kusmiwiyati Poltekkes Kemenkes Malang, Indonesia

Abstract

Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 305 per 100.000 kelahiran hidup. Salah satu penyebab AKI di Indonesia adalah partus lama. Partus lama bisa terjadi karena pelepasan hormon katekolamin dan steroid yang berlebihan. Upaya yang dilakukan dengan memberikan terapi alternative untuk membuat nyeri bersalin berkurang, salah satunya menggunakan birthing ball. Tujuan dari studi literature ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan birthing ball terhadap nyeri bersalin. Desain ini menggunakan Traditional Literature Review. Dengan kata kunci Birthing Ball, Birthing Ball Exercise, Birth Ball Labor Pain, Birth Ball labor pain relief. Seleksi jurnal terakreditasi sinta risekbrin dan scopus. 5 jurnal diambil dari database Google Scholar, 3 dari database Research gate, 2 jurnal dari database PubMed, 1 jurnal dari Science Direct, 1 jurnal dari Wiley, 1 jurnal dari El Sevier, 1 jurnal dari BMC, dan 1 jurnal lagi dari PMC. Jumlah total jurnal yang di dapatkan yaitu 15 jurnal. Penyeleksian jurnal dengan PICOS, kemudian dianalisis satu persatu. Dalam penelitian disebutkan bahwa penggunaan birthing ball bisa digunakan sejak usia kehamilan 32 minggu sampai inpartu kala I fase aktif, penggunaan birthing ball yang disarankan yaitu 40 menit. Sehingga didapatkan hasil telaah jurnal metode birthing ball  ini terbukti efektif dalam menurunkan intensitas nyeri pada ibu bersalin dengan hasil p value < 0,005. Disimpulkan bahwa penggunaan birthing ball pada kala 1 persalinan sebagai metode pengurangan nyeri bersalin efektif untuk dilakukan.


Kata kunci: birting ball, nyeri persalinan

Published
2022-04-30
How to Cite
RAMHADANI, Dwi Ajeng Ayu; TOYIBAH, Afnani; KUSMIWIYATI, Ari. Studi Literatur: Efektivitas Birthing Ball Terhadap Nyeri Persalinan. Malang Journal of Midwifery (MAJORY), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 22-31, apr. 2022. ISSN 2774-8650. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/MAJORY/article/view/3044>. Date accessed: 29 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.31290/majory.v4i1.3044.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.