PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP DI RSIM SUMBERREJO BOJONEGORO

  • Mitha Amelia Rahmawati STIKes Muhammadiyah Bojonegoro

Abstract

Latar Belakang: Tingkat BOR yang fluktuatif dari tahun ke tahun dan hasil survei pendahuluan kepuasan pasien rawat inap yang belum mencapai standart, dapat prediksi bahwa adanya relevansi antara tingkat kepuasan pasien akan kualitas pelayanan rawat inap yang dapat mempengaruhi minat kunjungan ulang di RSIM Sumberrejo. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan rawat inap terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat inap di RSIM Sumberrejo.


Subjek dan Metode: Desain penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua pasien rawat inap di RSIM Sumberrejo, dengan sampel yang diambil sebanyak 89 responden pada bulan Mei-Juni 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji prasyarat analisis yaitu uji regresi logistik sederhana.


Hasil: Terdapat pengaruh kualitas pelayanan rawat inap terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat inap di RSIM Sumberrejo (OR= 6,89; CI 95%: 2,62 hingga 18,14; sig: <0.001)
Kesimpulan: Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya peningkatkan kualitas pelayanan rawat inap agar dapat memenuhi harapan pasien sehingga pasien tetap memilih pelayanan rawat inap di RSIM Sumberrejo.


Kata kunci: Rawat Inap, Kualitas Pelayanan, Minat Kunjungan Ulang

References

Depkes RI Dirjen Pelayanan Medik. (2005) Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Revisi 1. Jakarta: Departemen Kesehatan RI Direktorat Jendral Pelayanan Medik.


Depkes, RI (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta. Nomor 129. (2008).
Emilia, S. (2016). Gambaran tingkat kepuasan pasien di upt puskesmas sindangjawa kabupaten cirebon. Skripsi : Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id /dspace/ bitstream /123456789/33155/1 /Sri%20 Emilia-FKIK.pdf

Hardyanti, N. (2018) ’Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Kunjungan Kembali di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Djasamen Saragih Kota Pematang siantar Tahun 2017’, Skripsi di publikasikan, Jurusan Administrasi dan Kebijakan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.

Hartono, B. (2010) Promosi Kesehatan Di Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.

Hikmah, F., Farlinda, S., & Puspitasari, R. (2014). Kepuasan pasien jamsoskes terhadap pelayanan kesehatan di instalansi rawat inap rumah sakit jember klinik dengan metode servqual dan ipa. Jurnal Ilmiah Inovasi, 14(1), 1–9. Jurnal Ilmiah Inovasi Kesehatan Vol. 14 No. 1. Retrieved from : https://publikasi.polije.ac.id/ index. php/jii/article/view/81/83 [17 Desember 2019].

Larasati, N. (2016). Kualitas pelayanan program jaminan kesehatan nasional dalam rangka menjamin perlindungan kesehatan bagi peserta bpjs di rsud dr . M . Soewandhie kota surabaya Nikken Larasati Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara , FISIP , Universitas Airlangga. Kebijakan Dan Manajemen Publik ISSN 2303 - 341X, 4(2), 81–93. Retrieved from : http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp6dfd 05a 323full.pdf

Muninjaya, A.A.G. (2011) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Nitisusastro, M. (2012) Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Aliyah, S. (2018). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di rsud dr . Murjani sampit The Level of Patient Satisfaction to Pharmaceutical Service in Dr . Murjani Hospital Sampit. 1(1), 22–26. Retrieved from : https://media.neliti.com /media/publications/258508-tingkat-kepuasan pasien terhadap-pelayan-13b3250d.pdf .

Supranto, J. (2006) Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2001) Manajemen Jasa, 2nd ed., Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., dan Diana, A. (2001). Total Quality Management. Yogyakarta : Valentine.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Trimurthy, I. (2008) ‘Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang’, Thesis dipublikasikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro.


Wathne, K.H., Biong,H., dan Jan B.H. (2001) ‘Choice of Supplier in Embedded Markets: Relationship and Marketing Program Effect’, Journal of Marketing.
Zeithalm, V.A., Bitner,M.J., dan Gremler ,D.D. (2006) Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm. Boston : McGraw Hill.

Larasati, N. (2016). Kualitas pelayanan program jaminan kesehatan nasional dalam rangka menjamin perlindungan kesehatan bagi peserta bpjs di rsud dr . M . Soewandhie kota surabaya Nikken Larasati Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara , FISIP , Universitas Airlangga. Kebijakan Dan Manajemen Publik ISSN 2303 - 341X, 4(2), 81–93. Retrieved from : http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp6dfd 05a 323full.

Utama, P. Y., Apriatni, E. P., & Listyorini, S. (2013). Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Abstraksi Pendahuluan Saat ini perkembangan sektor jasa semakin meningkat , kontribusi sektor jasa bagi pertumbuhan ekonomi menghadapi persaingan dengan kompetitor . Kajian Teori Pemasaran Jasa Industri jasa pada sa. 1–9. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Published
2022-12-27
How to Cite
RAHMAWATI, Mitha Amelia. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP DI RSIM SUMBERREJO BOJONEGORO. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 149-156, dec. 2022. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/3085>. Date accessed: 29 jan. 2023.