HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEBIDANAN

  • mansur herawati

Abstract

This research aims to find out if there is a relationship of emotional intelligence and social interests with midwifery’s student learning achievement on. The subjects in this research is to the studentd of Study Program Diploma III Midwifery Stikes Maharani Malang with proportional random sampling technique of 100 students. The subject is asked to fill out a number of items that exist on a scale of emotional intelligence and social interests. Based on data analysis using regression analysis obtained Fhitung = 7,506 with p = 0.001 (p < 0.01), and the effective contribution of 13.4% (SE). These findings suggest that there is a significant relationship to simultaneously or jointly between emotional intelligence and variable social interest with variable learning achievement in midwifery students. Next to the result rx1.y = 0,200 with with p = 0,047 (p < 0.05), meaning that there is a significant positive correlation between emotional intelligence and learning achievement, then results rx2.y = 0,271 with p = 0.007 (p < 0.01). It means there is a significant positive correlation between social interests with student learning achievements. These findings suggest that the higher the social interest in the achievement of learning will be even higher.The conclusion of the results of this research is that there is a significant relationship between emotional intelligence and social interests with midwifery students learning achievements.


 


Keywords: Emotional Intelligence, Social Interests and the Student Learning Achievements.

References

Ahmadi, A dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Rineka Cipta : Jakarta.

Anastasi, A, 1976. Psychological Testing, Mc Millan Publising Co., Inc., New York

Azwar,S. 2004, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

______, 1999. Pengukuran Skala Psikologi. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Cooper, R.K dan Syawaf, A. 2001. Kecerdasan Emosi dalam Kepemimpinan & Organisasi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Crow, L. & A. Crow, 1988. Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka : Jakarta.

Depkes R.I. 2003. Rencana Strategis Nasional Making Pregnancy Safer (MPS) di Indonesia.. DepKes. R.I. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Djalali, As.ad, D. 2006. Kepribadian sebagai Modal Dasar Untuk Tercapainya Kualitas Kinerja Para Tenaga Pendidik. Pidato Pengukuhan Guru Besar

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar, Cetakan Pertama. PT Andi Mahasatya, Surabaya.

Djiwandono, S.E.W. 2002. Psikologi Pendidikan. PT. Gramedia : Jakarta.

Gibs, N, 1995. The Emotional Quontient Factors, Time Magazine. No, 2 Oktober.

Goleman, D. 1997. Emotional Intelligence, Mengapa EI lebih penting dari pada IQ (Terjemahan : T. Hermaya), Cetakan Ketiga. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

_____, 2003. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, (Terjemahan : Alex Tri Kuntjoro), Cetakan kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gottman, John. (2001). Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Hadi Sutrisno, 2000. SPS – 2000 Seri Program Statistik – Versi 2000. Universitas Gajah Mada : Yogyakarta.
_____, 2000. Statistik 2, Edisi II, Andi Offset : Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara

Hurlock.E, (1995). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga: Jakarta

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Cetakan Pertama. Gaung Persada Perss : Jakarta

I Wayan Dwija, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 1 TH. XXXXI Januari 2008

Kemenkes RI. 2010. Profil Kesehatan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Kemenkes RI. Badan PPSDM Kesehatan. 2010. Standar Penilaian Pendidikan Tenaga Kesehatan. Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan.

Kemenkes Nomor 369/ Menkes/ SK/ III/ 2007 tentang Standar Profesi Bidan

Kuder. 1986. Kuder Preference Record Vocational Test, Manual. Urusan Reproduksi dan Distribusi Alat Tes Fakultas Psikologi UI.

Mariyanti,S. 2006. Peran Minat Dalam Bidang Kerja Social Service. WWW.esaunggul.ac.id. Diakses tanggal 5 Juni 2011.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2007. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Andi Off Set :Yogyakarta.

Purwanto,M.N.2003.PsikologipendidikanCetakan Kesembilanbelas. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Pusdiknakes, Kemenkes RI. 2010. Kurikulum Diploma III Kebidanan. Jakarta

Salam, A dan Ada, W. 2003. Pengaruh Intelegensi dan Motivasi Berprestasi
terhadap Prestasi belajar Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran(PIP) Makassar. Jurnal Intelektual 1.
Segal, Jeanne, 1999. Meningkatkan Kecerdasan Emosional, (Alih Bahasa : Dian Paramesti Bahar), PT Citra Aksara.

Shalahuddin, Mahfudh, 1990. Pengantar Psikologi Pendidika. Bina Ilmu : Surabaya.

Shaphiro, L.E. 2003. Mengajarkan EI pada Anak (Terjemahan: T. Hermaya). PT.Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1. diakses tanggal 21 September 2011.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Stikes Maharani, 2009. Buku Pedoman Akademik Stkes Maharani Malang.

Winkel, W.S. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. PT.Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Yudhawati, R dan Dany Haryanto, 2011. Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Cetakan Pertama. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Published
2018-10-29
How to Cite
HERAWATI, mansur. HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEBIDANAN. Jurnal Pendidikan Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 81-112, oct. 2018. ISSN 2442-7993. Available at: <http://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/jpk/article/view/115>. Date accessed: 20 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.31290/jpk.v7i2.115.
Array ( )