IMPLEMENTASI METODE BELAJAR KELOMPOK /PERMAINAN DENGAN CHART HIV BAGI KADER P2M SEBAGAI SUPORTING KETERBUKAAN DIRI KELOMPOK RESIKO HIV

  • Ngesti Wahyuning Utami poltekkes kemenkes malang

Abstract

HIV/AIDS penyakit yang mematikan, hingga saat ini belum ada vaksin dan obatnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kasus HIV/AIDS sebagai fenomena gunung es  terutama di negara-negara yang belum melakukan tes HIV secara merata termasuk Indonesia. Sampai saat ini pendidikan kesehatan dinilai masih merupakan pendekatan yang efektif untuk memberikan penyadaran dan perubahan perilaku kesehatan yang tepat . Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan mulai  24 Agutus  s/d 31 Oktober 2017, yang bertempat di wilayah Kerja Puskesmas Arjuno dengan sasaran Kader P2M dan kelompok resiko HIV di wilayah kerja  Kegiatan yang dilakukan yaitu : 1) memberi pendidikan dan pelatihan tentang belajar kelompok dan bermain dengan  menggunakan chart hiv  kepada para kader P2M (Pemberantasan Penyakit menular) wilayah kerja Puskesmas Arjuno. 2) Melakukan simulasi belajar kelompok oleh para kader P2M dengan menggunakan Chart hiv kepada masyarakat kelompok resiko HIV (anggota: Igama, Iwama, Penasun, Sadar hati, PSK)

Published
2019-04-25
How to Cite
UTAMI, Ngesti Wahyuning. IMPLEMENTASI METODE BELAJAR KELOMPOK /PERMAINAN DENGAN CHART HIV BAGI KADER P2M SEBAGAI SUPORTING KETERBUKAAN DIRI KELOMPOK RESIKO HIV. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 40-44, apr. 2019. ISSN 2613-9383. Available at: <http://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/866>. Date accessed: 24 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.31290/j.idaman.v(3)i(1)y(2019).page:40-44.
Array ( )