Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v13i1.4167Kata Kunci:
Anak usia 3-4 tahun, media video animasi, kemampuan toilet trainingAbstrak
Toilet training dapat digunakan untuk melatih anak mengontrol BAK dan BAB secara mandiri. Mengajarkan toilet training membutuhkan metode yang mudah dipahami anak. Caranya melalui penggunaan media video karena dapat menampilkan pesan dengan jelas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video animasi terhadap kemampuan toilet training pada anak usia 3-4 tahun di PAUD. Desain penelitian yaitu pra eksperimen dengan rancangan one grup pretest posttest design without control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling pada seluruh anak usia 3-4 tahun. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan intervensi, nilai mean adalah 11,83 artinya anak tidak berhasil melakukan toilet training dengan nilai minimum 5 dan nilai maksimum 14. Kemudian, sesudah diberikan intervensi kemampuan toilet training meningkat dengan nilai mean sebesar 26,13 yang artinya anak berhasil dengan nilai minimum 21 dan nilai maksimum 28. Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p value 0,000 < ? = 0,05 menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video animasi terhadap kemampuan toilet training pada anak usia 3-4 tahun di Pos PAUD Ade Irma Suryani. Media video animasi diharapkan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan toilet training anak.