PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PESAN GIZI SEIMBANG (PGS) PADA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v8i1.652Kata Kunci:
komik kebiasaan menyikat gigi, pengetahuan, siswa sekolah dasarAbstrak
Anak sekolah biasanya mempunyai kebiasaan jajan makanan tinggi kalori yang rendah serat, sehingga dapat rentan terjadi penyakit. Anak SD yang berusia sekitar 7 sampai dengan 13 tahun merupakan masa masa pertumbuhan paling pesat kedua setelah balita. Pada usia tersebut, kedisiplinan dan kesadaran anak anak masih kurang dalam menjaga kesehatan yaitu kesehatan gigi dan mulut sehingga rentan terjadi karies pada gigi. Salah satu kelompok umur yang sering mengalami masalah penyakit tersebut adalah kelompok usia sekolah dasar. Menurut data WHO atau World Health Organization, 2013 terjadi peningkatan prevalensi karies gigi pada kelompok umur 12 tahun, yakni sebesar 13.7 persen dari 28.9 persen pada tahun 2007 naik menjadi 42.6 persen pada tahun 2013. Salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan jajan yang tidak sehat pada anak adalah dengan memberikan pendidikan gizi yang menarik dan mudah dimengerti oleh anak, sehingga peranan media pendidikan sangatlah penting, salah satunya adalah komik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan menggunakan media komik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan pesan gizi seimbang atau PGS pada siswa kelas IV SDN KALIREJO 02 dan SDN KALIREJO 03 Lawang Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah Pre Exprerimental dengan desain penelitian one group pretest post test desain dan dilaksanakan pada bulan September hingga Desember 2017. Jumlah sampel ya ng didapat sesuai kriteria inklusi selama masa penelitian adalah 83 sampel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan. Hasil analisis statistik pada pengetahuan diperoleh p value sama dengan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil peneltian, pemberian komik dapat meningkatkan pengetahuan tentang kebiasaan menyikat gigi. Media komik dapat diterima sebagai slah satu media dalam proses pembelajraan gizi yang tidak hanya memberikan informasi mengenai gizi tetapi juga mampu memberikan hiburan pada siswa.
Referensi
Hariyanti, N, dkk. 2008. Mengatasi Kegagalan Penyuluhan Kesehatan Gigi pada Anak dengan Pendekatan Psikologi. Dentika Dental Journal. Vol 13. No 1. http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/131088084.pdf. Diakses tanggal 19 April 2017.
Istiany,Ari, dkk. 2013. Gizi Terapan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kemenkes RI., 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta Kesehatan, Badan Litbang. "Laporan Riskesdas 2010." Jakarta Badan Litbang Kesehat (2010).
Kidd, E.A.M dan Bechal, S.J. ( 2012). Dasar-Dasar Karies, Penyakit dan Penanggulangannya. Jakarta : Buku Kedokteran EGC, 2-9,79-80,90-94.
Notoatmodjo,S.2012.Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
RISKESDAS. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI. Jakarta 2013.
Saidah, E.S. (2003). Pentingnya Stimulasi Mental Dini. Padu Jurnal Ilmiah PAUD. 2(51).
Sari, Ernita Kurnia, Elida Ulfiana, and Praba Dian. 2002. "Pengaruh pendidikan kesehatan gosok gigi dengan metode permainan simulasi ular tangga terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan aplikasi tindakan gosok gigi anak usia sekolah di SD wilayah -Paron Ngawi." Jurnal. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Hal : 1-11. (journal.unair.ac.id/download-fullpapers-Ernita%20K.docx), Diakses 19 April 2017.
Sudjana,N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Tamrin, M., Afrida, & Jamaluddin, M. (2014). Dampak Konsumsi Makanan Kariogenik Kebiasaan Menyikat Gigi Terhadap Kejadian Karies Gigi pada Anak Sekolah. Journal of Pediatric Nursing, 1, 14–18 Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
Wardani, Tri Kurnia.2012. “Penggunaan Media Komik dalam Pembelajran Sosiologi pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural†Jurnal Komunitas, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.hp/komunitas, diakses 11 April 2018
Yasa, I Putu Wina, I Wayan Suastra & I Made Candiasa. 2013. “Pengaruh Penggunaan Komik Berorientasi Kearifan Lokal Bali terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisikaâ€. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Tahun 2013.