MUSIK SEBAGAI STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI : LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Reni Wahyu Triningsih Poltekkes Kemenkes Malang, Indonesia
  • Hening Ryan Aryani
  • Qismatul Mutoharoh Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jpk.v11i1.2969

Kata Kunci:

Music, Language development, Early childhood

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi anak saat ini yaitu anak sulit memahami isi pembicaraan orang lain. Hal ini dikarenakan kurangnya kosakata pada anak. Prevalensi keterlambatan bicara pada anak prasekolah di Indonesia adalah antara 5persen-10persen. Salah satu penyebab dari keterlambatan perkembangan anak adalah kurang aktifnya orang tua dalam memberikan stimulasi kepada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan review mengenai musik sebagai stimulasi perkembangan bahasa pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah literature review yang didapatkan dari 3 database yaitu Pubmed, DOAJ, dan Google Scholar dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Kata Kunci yang digunakan dalam pencarian literatur: “Music and Language Development”, “Music and Child Language”. Hasil menunjukkan dari 10 artikel ilmiah yang ditemukan menunjukkan adanya peningkatan perkembangan bahasa pada anak yang di stimulasi menggunakan musik. Orang tua memiliki peran penting dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak. Metode penyampaian dan cara menstimulasi harus dilakukan dengan tepat dan benar. Anak dapat lebih mudah memahami dan menerima stimulasi dengan baik saat proses pembelajaran bahasa dilakukan dengan menyenangkan dan menarik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-21

Cara Mengutip

Triningsih, R. W., Aryani, H. R., & Mutoharoh, Q. (2022). MUSIK SEBAGAI STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI : LITERATURE REVIEW. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 11(1), 1–15. https://doi.org/10.31290/jpk.v11i1.2969