Correlation between The Role of Husband With Mother's Readiness To Face sectio caesarea at Islamic Hospital of Islamic University of Malang

  • rizki dina dina politeknik kesehatan kemenkes malang

Abstract

Sectio Caesarea merupakan tindakan yang beresiko. Dampak yang ditimbulkan yaitu gangguan fisiologis dan psikologis. Untuk mengantisipasi dampak tersebut, diperlukan kesiapan ibu dalam menghadapi sectio caesarea. Salah satu cara untuk mempersiapkan ibu adalah dengan adanya peran dari orang terdekat, yaitu peran suami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran suami dengan kesiapan ibu menghadapi sectio caesarea. Penelitian ini menggunakan  metode penelitian  analitik  korelasi dengan pendekatan cross sectional. Data dianalisa menggunakan fishers Exact dan didapatkan nilai p value sama dengan 0,195 atau lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, yang artinya tidak terdapat hubungan peran suami dengan kesiapan ibu menghadapi sectio caesarea.

Published
2018-10-29
How to Cite
DINA, rizki dina. Correlation between The Role of Husband With Mother's Readiness To Face sectio caesarea at Islamic Hospital of Islamic University of Malang. Jurnal Pendidikan Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 113-124, oct. 2018. ISSN 2442-7993. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/jpk/article/view/633>. Date accessed: 21 june 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jpk.v7i2.633.
Section
Original Research
Array ( )