Efektivitas Pelayanan APM pada Pelayanan Rawat Jalan RSUD Gambiran Kota Kediri

  • Alicya Mei Cahyani Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Ayu Tyas Purnamasari
  • Bernadus Rudy Sunindya

Abstract





Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan rawat darurat. Salah satu teknologi yang berkembang saat ini dilingkungan Kesehatan dalam mempermudah proses layanan pendaftaran pasien yaitu Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) pada pelayanan rawat jalan RSUD Gambiran Kota Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang menggunakan layanan APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) dan TPPRJ (Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan) di RSUD Gambiran Kota Kediri. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrument penelitian berupa table hasil observasi. Hasil penelitian dari 30 responden pada masing – masing layanan rumah sakit berdasarkan rata – rata pada perbedaan lama waktu pasien saat menggunakan layanan APM yaitu 00.04 menit, sedangkan pada layanan TPPRJ yaitu 00.37 menit. Dapat disimpulkan bahwa layanan Anjungan Pendaftaran Mandiri lebih efisiensi dibandingkan dengan layanan TPPRJ (Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan). Kesimpulannya diharapkan pegawai rumah sakit melakukan sosialisasi berupa arahan prosedur atau alaur kepada pasien untuk menggunakan layanan mesin APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri). 





Published
2024-10-30
How to Cite
CAHYANI, Alicya Mei; PURNAMASARI, Ayu Tyas; SUNINDYA, Bernadus Rudy. Efektivitas Pelayanan APM pada Pelayanan Rawat Jalan RSUD Gambiran Kota Kediri. Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 20-27, oct. 2024. ISSN 3047-695X. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/ijhimr/article/view/4995>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31290/ijhimr.v1i2.4995.