Implementasi Jamsostek Mobile (JMO) dalam Meningkatkan Layanan Online Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagarkerjaan KCP Kepanjen

  • Zulfatun Nabilah Cahyani Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Eko Rahman Setiawan
  • Bernadus Rudy Sunindya

Abstract





Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan diantaranya, masih ada beberapa peserta yang tidak paham akan alur tata cara klaim Jaminan Hari Tua melalui aplikasi Jamsostek Mobile, keterbatasan pengetahuan teknologi oleh masyarakat sehingga kesulitan dalam melakukan pengimplementasian layanan Jamsostek Mobile Khususnya dalam melakukan Klaim Jaminan Hari Tua, beberapa peserta beranggapan bahwa klaim Jaminan Hari Tua masih dilakukan secara offline dan kurangnya pengetahuan peserta akan limit saldo yang dapat di klaimkan di aplikasi Jamsostek Mobile. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi Jamsostek Mobile dalam meningkatkan layanan online klaim Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Kepanjen. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik sampling rancangan non probability sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara melakukan wawancara terhadap 8 Informan dari unsur kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan KCP Kepanjen, staff bidang pelayanan madya dan umum serta peserta yang sudah maupun belum mempunyai aplikasi Jamsostek Mobile yang akan melakukan klaim Jaminan Hari Tua. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Jamsostek Mobile dalam meningkatkan layanan online klaim Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Kepanjen 6 peserta yang menjadi informan 3 diantarnya masih bingung menggunakan layanan Jamsostek Mobile dalam melakukan klaim Jaminan Hari Tua, sehingga BPJS Ketenagakerjaan masih perlu adanya peningkatan sosialisasi secara merata terhadap peserta – peserta yang masih belum teredukasi secara baik dalam menggunakan layanan Jamsostek Mobile secara mandiri.





Published
2024-10-30
How to Cite
CAHYANI, Zulfatun Nabilah; SETIAWAN, Eko Rahman; SUNINDYA, Bernadus Rudy. Implementasi Jamsostek Mobile (JMO) dalam Meningkatkan Layanan Online Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagarkerjaan KCP Kepanjen. Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 28-35, oct. 2024. ISSN 3047-695X. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/ijhimr/article/view/4984>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31290/ijhimr.v1i2.4984.