Tinjauan Inovasi Pelayanan Lapak Asik dalam Sistem Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Kepanjen
Abstract
BPJS Ketenagakerjaan telah meluncurkan sebuah inovasi berupa Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik). Layanan Lapak Asik ini dapat memberikan kemudahan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin melakukan pencairan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) tanpa harus datang langsung. Dari hasil studi pendahuluan di BPJS Ketenagakerjaan KCP Kepanjen Malang, 18 dari 50 peserta yang melakukan penatausahaan dan verifikasi klaim JHT melalui Lapak Asik belum terlaksana secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi peserta BPJS Ketenagakerjaan pada KCP Kepanjen terhadap penggunaan layanan Lapak Asik. Penelitian dilakukan di BPJS Ketenagakerjaan KCP Kepanjen pada Desember 2023 sampai dengan Januari 2024. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif pendekatan studi kasus, dengan analisa data menggunakan analisis konten dengan triangulasi informan dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Kepanjen Malang dan stafnya. Informan pada penelitian ini sejumlah 10 peserta BPJS Ketenagakerjaan pada KCP Kepanjen Malang yang menggunakan Lapak Asik. Hasil penelitian menunjukkan persepsi peserta BPJS Ketenagakerjaan terhadap inovasi Lapak asik dari segi keuntungan relatif yaitu adanya pandangan positif terhadap Lapak Asik karena memberikan keuntungan ekonomi, kemudahan akses, waktu, dan teknologi dalam proses klaim JHT secara online. Dari segi Compatibility (kesesuaian) Lapak Asik sudah sesuai dengan kebutuhan peserta dalam proses klaim JHT yang efisien, terutama di masa pandemi dan era digital saat ini. Dari segi Complexity (kerumitan) Lapak Asik belum terlaksana secara sempurna karena kendala yang berasal dari sistem maupun kesiapan peserta itu sendiri.