Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Aplikasi Mobile JKN di Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang

  • Ayu Tyas Purnamasari
  • Ayu Tyas Purnamasari Poltekkes Kemenkes Malang
  • Reza Safitri
  • Herlinda Dwi Ningrum

Abstract

BPJS Kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan terhadap peserta menghadirkan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini ditujukan agar dapat membantu mempermudah proses administrasi pelayanan kesehatan peserta. Namun fakta di lapangan, pengetahuan peserta terhadap aplikasi Mobile JKN masih kurang.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan masyarakat kelurahan Polehan terhadap aplikasi mobile JKN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data dengan cara mengisi kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat kelurahan polehan terhadap aplikasi mobile JKN yang memiliki pengetahuan baik (59%) adalah usia remaja akhir, pendidikan terakhir sekolah menengah dan pekerjaan karyawan swasta. kesimpulan dari penelitian ini yaitu, tingkat pengetahuan masyarakat terhadap aplikasi mobile JKN sudah cukup baik. Namun masih harus dilakukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat teradap aplikasi mobile JKN. 

Published
2024-03-27
How to Cite
PURNAMASARI, Ayu Tyas et al. Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Aplikasi Mobile JKN di Kelurahan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang. Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 39-45, mar. 2024. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/ijhimr/article/view/4340>. Date accessed: 23 apr. 2024.