Tingkat Pengetahuan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap Pelayanan Promotif dan Preventif yang Diberikan BPJS Kesehatan di Puskesmas Kauman Tulungagung

  • Ayu Tyas Purnamasari
  • Alda Yolantya Basuki
  • Eko Rahman Setiawan

Abstract

Pelayanan kesehatan yang komprehensif meliputi pelayanan eksehatan promotive dan preventif, Namun pengetahuan dan pemanfaatan pelayanan promotive dan preventif di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta JKN mengenai pelayanan promotif dan preventif yang diberikan BPJS Kesehatan di Puskesmas Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dilakukan pada 100 responden peserta JKN di Puskesmas Kauman dan variabelnya meliputi pengetahuan, usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan. Hasil penelitian ini adalah seluruh responden berumur 56-65 tahun mempunyai pengetahuan yang baik tentang pelayanan promotif dan preventif di puskesmas. Responden laki-laki dan responden perempuan juga memiliki pengetahuan yang baik dan responden yang pernah kuliah memiliki pengetahuan cukup (11,4%) dan baik (88,6%). BPJS Kesehatan dan Puskesmas dapat melakukan inovasi dalam pelayanan promotif dan preventif. Puskesmas juga dapat melakukan kunjungan ke beberapa desa untuk melakukan sosialisasi pelayanan kesehatan khususnya pelayanan promotif dan preventif serta mengadakan kunjungan antara petugas BPJS Kesehatan dengan peserta JKN di Puskesmas Kauman agar masyarakat dapat memperoleh informasi lebih banyak dari sosialisasi yang diberikan.

Published
2024-03-27
How to Cite
PURNAMASARI, Ayu Tyas; YOLANTYA BASUKI, Alda; RAHMAN SETIAWAN, Eko. Tingkat Pengetahuan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap Pelayanan Promotif dan Preventif yang Diberikan BPJS Kesehatan di Puskesmas Kauman Tulungagung. Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 14-21, mar. 2024. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/ijhimr/article/view/4325>. Date accessed: 23 apr. 2024.