KEMAMPUAN SOSIALISASI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN TERAPI AUTIS TERBIMBING (TAT) DENGAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) PADA ANAK AUTIS

  • Alif Via Rahmadhani Poltekkes Kemenkes Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ari Kusmiwiyati Poltekkes Kemenkes Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Herawati Mansur Poltekkes Kemenkes Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan kemampuan sosialisasi sebelum dan sesudah diberikan terapi autis terbimbing dengan metode ABA (Applied Behaviour Analysis) pada anak autis.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik observasional dengan jumlah populasi sebanyak 35 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 anak. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi ATEC (Autism Treatment Evaluation Checklist). Hasil analisa data dengan uji Wilcoxon signed rank test didapatkan bahwap value (0,000< 0,05) yang berarti H0 ditolak sehingga dari hasil statistik diatas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan terapi autis terbimbing dengan metode ABA dengan kemampuan sosialisasi anak autis.

Published
2019-05-30
How to Cite
RAHMADHANI, Alif Via; KUSMIWIYATI, Ari; MANSUR, Herawati. KEMAMPUAN SOSIALISASI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN TERAPI AUTIS TERBIMBING (TAT) DENGAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) PADA ANAK AUTIS. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-11, may 2019. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/657>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v5i1.657.