Evaluasi Dampak Modul Manajemen Asma Terhadap Kesehatan Fisik Dan Psikologis Pasien
Abstract
Modul manajemen asma dikembangkan sebagai strategi edukasi untuk meningkatkan pemahaman dan kepatuhan pasien terhadap terapi, namun efektivitasnya dalam meningkatkan aspek fisik dan psikologis pasien masih perlu dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas modul dalam meningkatkan tingkat pengetahuan, perubahan perilaku pengelolaan asma, serta dampaknya terhadap kesehatan fisik dan psikologis pasien. Menggunakan desain quasi-eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest tanpa kelompok kontrol, penelitian ini melibatkan 50 pasien asma di Puskesmas Pandanwangi, Kota Malang. Modul diberikan dalam tiga sesi edukasi selama tiga bulan, mencakup pemahaman asma, teknik penggunaan inhaler, strategi penghindaran pemicu, serta teknik relaksasi untuk mengurangi stres. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner pretest dan posttest, observasi perilaku, serta pengukuran skor Depression Anxiety Stress Scale (DASS-21) dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan pasien (48% menjadi 87%, p < 0,01), kepatuhan penggunaan inhaler (55% menjadi 90%), dan perilaku penghindaran pemicu (40% menjadi 92%). Dari aspek fisik, frekuensi eksaserbasi menurun dari 3 kali menjadi 1 kali per bulan, sementara gangguan tidur akibat gejala malam hari berkurang dari 72% menjadi 30%. Dari aspek psikologis, skor kecemasan pada DASS-21 menurun dari kategori sedang (16) menjadi ringan (8, p < 0,01). Dengan demikian, modul manajemen asma terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan, mengubah perilaku pengelolaan, serta memperbaiki kondisi fisik dan psikologis pasien. Integrasi modul ini dalam layanan kesehatan primer direkomendasikan untuk meningkatkan efektivitas manajemen penyakit kronis secara sistematis.
References
Eissa, H., Farahat, T., Hegazy, N., & Barakat, A. (2020). Outcome of an Educational Program on Bronchial Asthma Self-Management. The Egyptian Journal of Hospital Medicine, 81(3), 1699-1703. https://doi.org/10.21608/ejhm.2020.118440
Mansour, M., Abdelaziz, M., & Ali, M. (2021). Asthma Education and Its Impact on Emergency Department Visits by Asthmatic Children. The Medical Journal of Cairo University, 89(12), 2809-2819. https://doi.org/10.21608/mjcu.2021.225190
McCarthy, A., McMeekin, P., Haining, S., Bainbridge, L., Laing, C., & Gray, J. (2019). Rapid Evaluation for Health and Social Care Innovations: Challenges for "Quick Wins" Using Interrupted Time Series. BMC Health Services Research, 19(1). https://doi.org/10.1186/s12913-019-4821-7
McClatchey, K., Marsh, V., Steed, L., Holmes, S., Taylor, S., Wiener-Ogilvie, S., ... & Pinnock, H. (2022). Developing a Theoretically Informed Education Programme Within the Context of a Complex Implementation Strategy in UK Primary Care: An Exemplar from the IMP2ART Trial. Trials, 23(1). https://doi.org/10.1186/s13063-022-06147-6
Nguyen, V., Huynh, T., & Chavannes, N. (2018). Knowledge on Self-Management and Levels of Asthma Control Among Adult Patients in Ho Chi Minh City, Vietnam. International Journal of General Medicine, 11, 81-89. https://doi.org/10.2147/ijgm.s157050
Pinnock, H., Parke, H., Panagioti, M., Daines, L., Pearce, G., Epiphaniou, E., ... & Taylor, S. (2017). Systematic Meta-Review of Supported Self-Management for Asthma: A Healthcare Perspective. BMC Medicine, 15(1). https://doi.org/10.1186/s12916-017-0823-7

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.