EFEKTIFITAS E-SERVIS (M-JKN)DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PESERTA JKN DI KOTA MALANG
Abstract
E- service aplikasi Mobile -JKN merupakan salah satu upaya yang telah dipilih BPJS dalam menyediakan fasilitas memasarkan dan dalam memenuhi kebutuhan serta mencapai efisiensi dan target2 yang telah ditetapkan BPJS. E-service telah dianggap menyebabkan suksesnya pemasaran untuk mempengaruhi konsumen yang saat ini telah terselenggara melalui internet misalya adanya google. Penelitian ini bertujuan mengetaui efektivitas e-service dan pengaruhnya terhadap loyalitas peserta JKN. Dengan rancangan Quasy eksperiman dengan jumlah sampel 120 peserta JKN di kota malang yang telah menggunakan aplikasi Mobile JKN. Hasl penelitian penggunaan e-service (Mobile JKN) menunjukan bahwa sebagaian besar (94 %) pada kategori efektif dan 90 % pada kategori loyal. Uji Hypotehsis dengan regresi berganda menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efektifikas e-service dengan loyalitas peserta JKN di Kota Malang. Sebagai rekomendasi untuk BPJS menjaga dan mempertahankan layanan elektronik dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN dan yang lainnya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.