EFEKTIFITAS E-SERVIS (M-JKN)DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PESERTA JKN DI KOTA MALANG

  • ngesti w Utami Poltekkes Kemenkes Malang, Jalan Besar Ijen No 77 C Malang, Jawa Timur

Abstract

E- service aplikasi Mobile -JKN merupakan salah satu upaya yang telah dipilih BPJS dalam menyediakan fasilitas memasarkan dan dalam memenuhi kebutuhan serta mencapai efisiensi dan target2 yang telah ditetapkan  BPJS.  E-service telah dianggap menyebabkan suksesnya pemasaran  untuk mempengaruhi konsumen yang saat ini telah terselenggara melalui internet misalya adanya google. Penelitian ini bertujuan mengetaui efektivitas e-service dan  pengaruhnya terhadap loyalitas peserta JKN. Dengan rancangan Quasy eksperiman dengan jumlah sampel 120 peserta JKN di kota malang yang telah menggunakan aplikasi Mobile JKN. Hasl penelitian  penggunaan e-service (Mobile JKN) menunjukan bahwa sebagaian besar (94 %) pada kategori efektif dan 90 % pada kategori loyal. Uji Hypotehsis dengan regresi berganda menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efektifikas e-service dengan loyalitas peserta JKN di Kota Malang. Sebagai rekomendasi untuk BPJS menjaga dan mempertahankan layanan elektronik dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN dan yang lainnya.  

Published
2024-05-13
How to Cite
UTAMI, ngesti w. EFEKTIFITAS E-SERVIS (M-JKN)DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PESERTA JKN DI KOTA MALANG. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 10, n. 1, p. 66-74, may 2024. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/4434>. Date accessed: 26 july 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v10i1.4434.