KESIAPAN UNSUR MANAJEMEN DALAM MENGHADAPI PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK DI KLINIK A DI YOGYAKARTA

  • Harsiwi Tria Student

Abstract

KESIAPAN UNSUR MANAJEMEN DALAM MENGHADAPI PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRO


Latar Belakang: Seluruh fasilitas pelayanan kesehatan wajib menyelenggarakan rekam medis elektronik sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri ini paling lambat pada tanggal 31 Desember 2023.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesiapan unsur manajemen dalam menghadapi penerapan rekam medis elektronik di Klinik A di Yogyakarta
Metode : penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif
Hasil Penelitian: Unsur Man ; Jumlah petugas berlatar belakang pendidikan rekam medis telah mencukupi yaitu sebanyak 2 orang. Mereka juga mengetahui kewajiban pelaksanaan rekam medis elektronik Unsur Machine ; Sudah terdapat hardware yaitu 2 komputer/ PC yang berfungsi dan akan dilakukan penambahan hardware. Sedangkan software yang dimiliki adalah aplikasi Pcare. Unsur Method; Belum ada dokumen kebijakan maupun standard prosedur operasional terkait penerapan dan teknis pelaksanaan rekam medis elektronik di klinik. Unsur Information ; Belum terdapat pelatihan bagi para petugas terkait penerapan rekam medis elektronik.
Kesimpulan: Kesiapan unsur manajemen dalam menghadapi rekam medis elektronik di Klinik A telah berjalan dengan baik akan tetapi belum maksimal, masih ada beberapa unsur manajemen yang perlu dipersiapkan


Kata Kunci : Unsur manajemen, Penerapan RME, Klinik

Published
2024-05-13
How to Cite
TRIA, Harsiwi. KESIAPAN UNSUR MANAJEMEN DALAM MENGHADAPI PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK DI KLINIK A DI YOGYAKARTA. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 10, n. 1, p. 58-65, may 2024. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/4391>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v10i1.4391.