Analisis Pengembalian Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap di Rumah Sakit Nur Hidayah Kabupaten Bantul

  • Nurvita Wikansari STIKes AKBIDYO
  • Riski Nila Wijaya
  • Tri Ariani

Abstract

Latar Belakang: Pembiayaan kesehatan merupakan bagian terpenting dari implementasi Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan di rumah sakit oleh BPJS Kesehatan melalui pengajuan klaim. Berkas yang diajukan dapat terklaimkan, sehingga status klaim dinyatakan tidak layak atau pending klaim terjadi apabila berkas klaim yang diajukan oleh rumah sakit belum lengkap.


Subjek dan Metode: Mengetahui penyebab terjadinya pengembalian berkas klaim BPJS rawat inap di Rumah Sakit Nur Hidayah.


Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 4 petugas casemix. Objek dalam penelitian ini seluruh berkas klaim BPJS yang dikembalikan oleh verifikator BPJS pada tahun 2021.


Hasil: Ditemukan berkas klaim yang tidak lengkap yaitu resume medis, laporan operasi dan tidak terlampirnya hasil penunjang. Faktor predisposing yang menjadi penyebab pending klaim BPJS rawat inap adalah ketidaktelitian petugas. Faktor enabling yang menjadi penyebab pending klaim BPJS rawat inap adalah tidak terdapat lembar chek list, aplikasi e-claim terkadang eror, terjadi maintenance dan jaringan naik turun. Faktor reinforcing yang menjadi penyebab pending klaim BPJS rawat inap adalah petugas tidak menjalankan SOP sesuai dengan progresnya dan update software dari pihak lain.


Kesimpulan : Faktor penyebab pengembalian berkas klaim BPJS rawat inap di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul digolongkan menjadi 3 faktor yaitu faktor Predisposing, Enabling dan Reinforcing. Upaya untuk mencegah terjadinya pengembalian berkas klaim BPJS perlu dilakukan pelatihan bagi petugas casemix

References

Agiwahyuanto, F. (2019). Analisis Implementasi TQM Pada Kasus Pending Klaim JKN di RSUD Kendal Tahun 2018. Jurnal Manajemen Kesehatan Nasional. 7(3): 171-180.
Artanto A, E.P. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari – Maret 2016. JArsi.Vol 4 No 2.
Dumaris, H. (2015). Analisis Perbedaan Tarif Rumah Sakit dan Tarif INA-CBG’s Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Budhi Asih Jakarta Tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 3(1), 20–28.
Hatta. G. 2013. Pedoman Managemen Informasi Kesehatan Di sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia.
Indawati. Laela,(2019). Analisis Akurasi Koding Pada Pengembalian Klaim Bpjs Rawat Inap Di Rsup Fatmawati Tahun 2016: jurnal manajemen informasi kesehatan indonesia, (online) Vol. 7 No.2 (www.researchgate.net)
Irmawati, I., Kritijino,A.,Susanto,E.,& Belia, Y, (2018). Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS). Pasien Rawat Inap Di Tinjau Dari Syarat-Syarat Pengajuan Klaim Di Rsud R.A Kartini Jepara: Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, (online), Vol.1 No.1(https://doi.org/10.31983/jrmik.v1 i1.3594).
Kemenkes RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 55 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis (pp. 1–18).
Kemenkes RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 69 Tahun 2013 tenting Standar Tarif Pelayanan Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.
Kemenkes RI. (2014). Peraturan Mentor Kesehatan Nomar 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan National.
Kusumawati, A. N., & Pujiyanto. (2020). Faktor - Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap di RSUD Koja Tahun 2018. Skripsi. Cermin Dunia Kedokteran, Vol. 47, No. 1.
Linda Dwi Astuti. Indira chotimah dan Siti Khodijah Parinduri.(2021). Analisis Faktor yang mempengaruhi proses klaim BPJS di RSUD Leuwiliang Bogor Tahun 2018. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Vol. 4. No.3, Juni 2021.
Mayori (2020), Jaringan computer.Makalah Jaringan Computer.Universitas hasanudin
Noviatri, L. W., & Sugeng, S. (2016). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyerahan Klaim BPJS Di RS Panti Nugroho. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 22.
Https://Doi.Org/10.22146/Jkesvo.27473
Nursalam, S. (2014). Metodologi Penelitian ilmu Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika
Pratamawisadi,dkk. (2017). Faktor Penghambat Dalam Pelayanan Program BPJS Di Rumah Sakit Umum Puri Raharja. Skripsi. Denpasar Bali
Sophia. (2017). Analisis Keterlambatan Pengajuan Klaim Kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Rumkital Dr. Mintohardjo, DKI Jakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 20(3), 83.
Published
2023-11-24
How to Cite
WIKANSARI, Nurvita; WIJAYA, Riski Nila; ARIANI, Tri. Analisis Pengembalian Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap di Rumah Sakit Nur Hidayah Kabupaten Bantul. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 9, n. 2, p. 120-126, nov. 2023. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/4192>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v9i2.4192.