Analisis Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus di Kabupaten Bantul
Abstract
Latar belakang: Sistem Informasi puskesmas dimanfaatkan untuk mendukung upaya dalam meningkatkan sistem surveilans, monitoring, informasi kesehatan yang evidence based. Sistem informasi hendaknya memberikan kemudahan dan kenyamanan produktifitas pengguna. Kemudahan suatu sistem dapat diketahui melalui tingkat usability (kegunaan). Usability disebut juga sebagai karakteristik dari kualitas produk. User experience menilai seberapa kepuasan dan kenyamanan seseorang terhadap sebuah produk, sistem, dan jasa. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat usability pengguna terhadap SIMPUS DGS melalui leveling user experience menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ).
Metode: Jenis penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan studi kasus terhadap pengalaman penggunaan SIMPUS.
Hasil: User Evaluation SIMPUS DGS di Kabupaten Bantul dengan User Experience Quesioner (UEQ) menunjukan bahwa skala stimulasi berada diatas rata-rata (above average). Sedangkan 5 skala lainnya yaitu Daya tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, dan Kebaruan dikategorikan dibawah rata-rata (below average). Nilai benchmark terendah pada skala kebaruan, maka diperlukan penyempurnaan pada fitur yang dapat meningkatkan motivasi pengguna dalam menggunakan system.
Kesimpulan: Hasil penilaian pada kualitas hedonis skala kebaruan menjadi prioritas pengembangan sistem berupa fitur-fitur untuk meningkatkan motivasi pengguna seperti spesifikasi fitur untuk tiap polinya (umum, gigi, KIA).
References
Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan ( Usability ) Sistem Informasi Keuangan. Juisi, 02(01), 49–55.
ISO-IEC 25010. 2011. (n.d.). Systems and software Quality Requirements and Evaluation (SQuaRE) — System and software quality models. Retrieved January 24, 2023, from https://www.iso.org/standard/35733.html
Kemenkes RI. (2019). Permenkes No.31 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi Puskesmas. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Permenkes No.43 Tahun Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia., 6(1), 5–10.
Saparamadu, A. A. D. N. S., Fernando, P., Zeng, P., Teo, H., Goh, A., Lee, J. M. Y., & Lam, C. W. L. (2021). User-Centered Design Process of an mHealth App for Health Professionals: Case Study. JMIR Mhealth Uhealth 2021;9(3):E18079 Https://Mhealth.Jmir.Org/2021/3/E18079, 9(3), e18079. https://doi.org/10.2196/18079
Wiryawan, M. B. (2011). User Experience (Ux) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual. Humaniora, 2(2), 1158–1166. https://doi.org/10.21512/HUMANIORA.V2I2.3166
Rubin, J., & Chisnell, D. (29 April 1994). How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests. In Handbook of Usability Testing (p. 348). Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.
Schrepp, Martin. https://www.ueq-online.org/. 2019
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.