FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS PASIEN COVID-19 DI RSUD Dr. SOEKARDJO TASIKMALAYA

  • Ari Sukawan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Fitria Dewi Rahmawati Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Tasikamalaya
  • Ulfa Fauziah Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Tasikamalaya
  • Fikri Muhammad Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Tasikamalaya

Abstract

Latar Belakang: Kelengkapan rekam medis menjadi salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit, yang perlu diperhatikan pencatatannya oleh tenaga kesehatan utamanya dokter sebagai penanggung jawab pasien. Suatu rekam medis mempunyai nilai keuangan karena isinya dapat dijadikan sebagai bahan untuk menetapkan biaya pelayanan di rumah sakit.


Subjek dan Metode: Jenis Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan metode deskriptif. Lokasi Penelitian dilakukan di RSUD Dr. Soekardjo Tasikmalaya. Waktu Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2022 yang dilakukan terhadap 5 orang informan utama, kunci dan pendukung  yang terdiri dari 1 petugas kepala rekam medis, 1 petugas rekam medis (koder) , 1 petugas kasir , 1 petugas dokter dan 1 petugas perawat. 


Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa proses SDM dalam pelaksanaan prosedur administrasi klaim BPJS Kesehatan pada pelayanan rawat inap didapatkan bahwa para informan mengerti proses pelaksanaan prosedur administrasi klaim BPJS pelayanan rawat Inap, dan juga didapati bahwa prosedur administrasi klaim BPJS pada pelayanan rawat Inap berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur yang ada. Upaya yang dilakukan terkait masalah Pending klaim BPJS Kesehatan, Rumah Sakit senantiasa melakukan evaluasi untuk mengurangi kejadian pengembalian berkas klaim, dimulai dari selalu berkomunikasi tentang segala permasalah ada serta berkoordinasi dari setiap bagian yang berhubungan serta meningkatkan kinerja masing-masing bagian, mengikuti regulasi dengan baik dan juga saling mengingatkan.


Kesimpulan: Rumah Sakit dilakukan pengawasan dan mengadakan evaluasi kinerja pegawai secara berkala dan evaluasi kepatuhan petugas dalam pengisian lembar syarat yang diajukan pada pihak verifikator BPJS. Sehingga dapat meminimalisir pengembaliann berkas syarat klaim.


Kata Kunci: SDM, Penyebab, Faktor, Penyelesaian, Pending Klaim Covid-19

References

Alfiansyah, G., Jember, P. N., Jember, P. N., Santi, M. W., & Jember, P. N. (2019). Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Citra Husada Jember BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT CITRA HUSADA JEMBER OPTIMIZING OF MANAGEMENT PENDING CLAIMS FOR BPJS ’ S Prodi Rekam Medis , Jurusan Kesehatan , Polit. January, 23–35. https://doi.org/10.20884/1.ki.2019.11.1.1314

Irmawati, I., Kristijono, A., Susanto, E., & Belia, Y. (2018). Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pasien Rawat Inap Ditinjau Dari Syarat-Syarat Pengajuan Klaim Di RSUD R.A Kartini Jepara. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 1(1), 45. https://doi.org/10.31983/jrmik.v1i1.3594

Kementerian Kesehatan. (2020). SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/295/ 2020 tentang Klaim Penggantian Biaya Perawatan Pasien Penyakit Infeksi Emerging Tertentu Bagi Rumah Sakit yang Menyelengarakan Pelayanan COVID-19.

Kusumawati, A. N., & Pujiyanto. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap di RSUD Koja tahun 2018. Cdk-282, 47(1), 25–28.

Maulida, E. S., & Djunawan, A. (2022). Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga. February, 374–379.

Peraturan Menteri Kesehatan. (2022). Permenkes no. 24 tahunn 2022 ttg rekam medis. 1–20.

Permata, S., & Lubis, S. (2017). Rekam Medis Rawat Inap Di Rsu Ipi Medan Tahun 2017. Rekam Medis Rawat Inap Di Rsu Ipi Medan Tahun 2017, Vol2(2), 356–362.

Santiasih, W. A., Simanjorang, A., & Satria, B. (2021). Analisis Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan Rawat Inap di RSUD Dr. RM Djoelham Binjai. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1381–1394.

Sophia, & Darmawan, E. S. (2017). Analysis Delay of Claims the Social Security Agency (BPJS) on Health atDr. Mintohardjo Navy Hospital, DKI Jakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 20(3), 83–88.

Sukawan, A. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Kelengkapan Dokumen Medis terhadap Ketepatan Kode Diagnosa Utama Pasien Seksio Caesarean di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten. Jmiki.Aptirmik.or.Id, 9(2), 2337–2585. https://www.jmiki.aptirmik. or.id/index.php/jmiki/article/view/152

Sukawan, A., & Meilany, L. (2020). Pengaruh Ketepatan Pengkodean Diagnosa dan Tindakan Medis pada Penyakit. Jurnal Mitrasehat, 10(1), 112–120.
Published
2022-12-27
How to Cite
SUKAWAN, Ari et al. FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS PASIEN COVID-19 DI RSUD Dr. SOEKARDJO TASIKMALAYA. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 121-131, dec. 2022. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/3657>. Date accessed: 29 jan. 2023.