HUBUNGAN KETEPATAN PENULISAN TERMINOLOGI MEDIS TERHADAP KEAKURATAN KODE KASUS RAWAT INAP RSKJ SOEPRAPTO PROVINSI BENGKULU

  • Nofri Heltiani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu
  • Atika Krisdayanti Manalu
  • Frisya Anggita

Abstract

Latar Belakang: Pelaksanaan sistem klasifikasi kodefikasi penyakit sesuai terminologi medis yang tepat. Berdasarkan survei dari 10 berkas rekam medis rawat inap yang telah dikode coder ditemukan 60% kode tidak akurat dan 40% terminologi medis tidak tepat. Ketidakakuratan kode diagnosis disebabkan penulisan diagnosis penyakit tidak sesuai dengan terminologi medis dan tidak ada komunikasi antara coder dengan dokter. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas data, informasi dan laporan serta ketepatan tarif biaya perawatan pasien, sehingga berdampak pada turunnya mutu rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara ketepatan penulisan terminologi medis dengan keakuratan kode kasus rawat inap RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu. 


Subjek dan Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah berkas rekam medis kasus rawat inap sebanyak 1397 berkas tahun 2020 dengan sempel sebanyak 93 berkas dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder yang diolah univariat dan bivariat.


Hasil: Dari 93 kasus kasus rawat inap beserta kodenya, terdapat 55(59,1%) terminologi medis tepat dan 38(40,9%) terminologi medis tidak tepat, serta 49(52,7%) kode akurat dan 44(47,3%) kode tidak akurat dan ada hubungan antara ketepatan penulisan terminologi medis dengan keakuratan kodefikasi kasus rawat inap RSKJ Soeprapto Bengkulu dengan nilai OR sebesar 1,02.


Kesimpulan: Ada hubungan antara ketepatan penulisan terminologi medis dengan keakuratan kodefikasi kasus rawat inap RSKJ Soeprapto Bengkulu.


Kata kunci: ICD-10; Keakuratan; Ketepatan; Terminologi Medis.

References

Agustine&Pratiwi. 2017. Hubungan Ketepatan Terminologi Medis dengan Keakuratan Kode Diagnosis Rawat Jalan Oleh Petugas Kesehatan di Puskesmas Bambang Lipuro Batul. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Budi, S. 2011. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quatum Sinergis Media.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia.

Hatta, G. 2013. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan Edisi Revisi 2. Jakarta: UI Press.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 377/Menkes/SK/III/2007 Tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Khabibah, S & Sri S. 2013. Tinjauan Ketepatan Terminologi Medis Dalam Penulisan Diagnosis pada Lembaran Masuk dan Keluar di RSU Jati Husada Karanganyar. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. Vol. I, No. 2, Oktober 2013. Jakarta: MIKI. Halaman 46 – 52.

Maimun, dkk. 2018. Pengaruh Kompetensi Koder Terhadap Keakuratan dan Ketepatan Pengkodean Menggunakan ICD-10 di Rumah Sakit X Pekanbaru Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Vol.1 No.1 Hal 31-43.

Maryati, W. 2016. Hubungan Antara Ketepatan Penulisan Diagnosis dengan Keakuratan Kode Diagnosis Kasus Obstetri di RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Vol.6 No.2.

Nuryati. 2013. Terminologi Medis (Pengenalan Istilah Medis). Yogyakarta: Quantum Sinergis Media.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

Pramono, A & Nuryati. 2012. Hubungan Antara Coder (Dokter dan Perawat) dengan Keakuratan Kode Diagnosis Berdasarkan ICD-10 di Puskesmas Gondokusuman II Kota Yogyakarta Tahun 2012. Karya Tulis Ilmiah. Surakarta: Program S1 Kesehatan Masyarakat UMS.

Saraswati, Y & Sudra, R. 2015. Tinjauan Penggunaan Terminologi Medis dalam Penulisan Diagnosa Utama pada Lembar Masuk dan Keluar Berdasarkan ICD-10 di Rumah Sakit Umum Daerah DR.Soehadi Prijonegoro Sragen. VisiKes Vol.14 No.1, Semarang April 2015.

Wiquyah, N. 2017. Hubungan Ketetapan Penulisan Terminologi Medis Diagnosis Utama Dengan Keakuratan Kode Kasus Penyakit Dalam Pasien Rawat Inap di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu. APIKES Citra Husada Karanganyar.

World Health Organization. 2010. International Stastistical Classification Of Disease and Related Health Problems Volume 2. Swizerland : WHO Press.
Published
2022-12-27
How to Cite
HELTIANI, Nofri; MANALU, Atika Krisdayanti; ANGGITA, Frisya. HUBUNGAN KETEPATAN PENULISAN TERMINOLOGI MEDIS TERHADAP KEAKURATAN KODE KASUS RAWAT INAP RSKJ SOEPRAPTO PROVINSI BENGKULU. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 134-148, dec. 2022. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/3640>. Date accessed: 29 jan. 2023.