Kinerja Kader Posyandu dan Kepuasan Lansia

  • Joko Pitoyo poltekkes malang
  • Muhammad Mukid Santuso
  • Lenni Saragih

Abstract

Kinerja kader merupakan faktor penentu kepuasan lansia terhadap pelayanan posyandu
setempat. Penelitian ini dilaksanakan di Posyandu Lansia Anggrek Bulan Kelurahan Sisir Kota Batu
dan bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja kader posyandu dengan kepuasaan lansia. Metode
dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan rancangan Cross Sectional.
Sampel diambil melalui teknik Total Sampling dengan jumlah total sebanyak 30 lansia.
Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa kader Posyandu Anggrek Bulan termasuk dalam kategori
baik, yakni sebanyak 21 lansia (71%) menyatakan demikian. Sementara 18 lansia (60%) menyatakan
telah merasa puas dengan kinerja kader posyandu. Hasil analisis korelasi spearmann, menunjukkan rvalue
sebesar 0.511 dan p-value sebesar 0,004. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja kader
posyandu memiliki hubungan yang positif terhadap kepuasan lansia, dimana semakin baik kinerja
kader posyandu maka kepuasan lansia sebagai pengguna layanan kesehatan dari Posyandu juga
akan meningkat.

Published
2017-12-23
How to Cite
PITOYO, Joko; SANTUSO, Muhammad Mukid; SARAGIH, Lenni. Kinerja Kader Posyandu dan Kepuasan Lansia. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 36-42, dec. 2017. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/36>. Date accessed: 05 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v(3)i(1)y(2017).page:36-42.