PENGARUH EXTRA VIRGIN OLIVE OIL TERHADAP FOLIKULOGENESIS DAN KADAR MALONDIALDEHYDE OVARIUM PADA TIKUS YANG DIPAPAR RHODAMIN B

  • Huda Rohmawati UB
  • Hidayat Sujuti Universitas Brawijaya
  • Pande Made Dwijayasa Universitas Brawijaya
  • Hendy Setyo Yudanto Universitas Brawijaya

Abstract

Rhodamin B merupakan bahan pewarna tekstil disalahgunakan sebagai pewarna makanan. Rhodamin B bersifat toksik penyebab stres oksidatif, dan meningkatkan kadar MDA. Peningkatan kadar MDA menyebabkan gangguan folikulogenesis sehingga folikel tidak berkembang dan atresia. Hal tersebut berkontribusi pada kejadian infertil. Paparan rhodamin B berpengaruh pada folikulogenesis dan kadar MDA ovarium. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan pengaruh EVOO pada Folikulogenesis dan kadar Malondialdehyde ovarium tikus betina galur wistar yang dipapar rhodamin B. Metode penelitian menggunakan True Experimental Post Test Only Control Group menggunakan 25 ekor tikus dibagi menjadi 2 kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan dengan pemberian EVOO peroral dosis 1,5 ml/KgBB, 3 ml/KgBB, 4,5 ml/KgBB serta dipapar rhodamin B 18 mg/KgBB selama 36 hari. Kemudian dilakukan pengambilan ovarium untuk menghitung jumlah folikel dengan pewarnaan HE dan pengukuran kadar MDA dengan Spectrofotometri. Pemberian EVOO terhadap jumlah folikel primer, sekunder dan kadar MDA menunjukkan korelasi yang bermakna (p=0,000<α), dengan koefisien korelasi folikel primer 0,735, folikel sekunder 0,699, menunjukkan ada hubungan yang positif dan kuat. Pada kadar MDA didapatkan -0,808 sehingga ada hubungan yang negatif dan kuat. Kesimpulan: Pemberian EVOO dengan dosis 1,5 ml/KgBB, 3 ml/KgBB, 4,5 ml/KgBB berpengaruh terhadap folikulogenesis dan penurunan kadar MDA ovarium pada tikus betina yang dipapar rhodamin B.


                                    


 

Published
2018-11-27
How to Cite
ROHMAWATI, Huda et al. PENGARUH EXTRA VIRGIN OLIVE OIL TERHADAP FOLIKULOGENESIS DAN KADAR MALONDIALDEHYDE OVARIUM PADA TIKUS YANG DIPAPAR RHODAMIN B. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 120-127, nov. 2018. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/356>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v4i2.356.