EFEKTIVITAS EDUKASI ONLINE MENGGUNAKAN VIDEO DAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PEMAHAMAN MENGENAI PENTINGNYA AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA

  • Zaky Adib Fajari Poltekkes Kemenkes Malang
  • Siti Asiyah Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • wandi -

Abstract

Latar Belakang: E-book dan video pendidikan dapat digunakan untuk membantu remaja memahami nilai aktivitas fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas pendidikan kesehatan yang disampaikan melalui video dan e-book sebelum dan sesudah terapi.


Subjek dan Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan pendekatan Pretest-Posttest with Control Group. Subyek penelitian ini terdiri dari 50 responden siswa. Obyek yang diteliti pada penelitian ini yaitu efektivitas media video animasi dan e-book terhadap pemahaman aktifitas fisik.


Hasil: Skor mean didapati kelompok media video animasi 26.60 dan kelompok media video animasi 23.00. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test didapati, skor signifikansi pada kelompok video animasi <0,001 , dan kelompok e-book <0,001.


Kesimpulan: Edukasi online menggunakan Video animasi dan e-book efektif dalam peningkatan pemahaman mengenai pentingnya aktivitas fisik pada remaja 


Kata kunci: Remaja, Media Edukasi, Video Animasi, E-book, Aktifitas fisik.

References

Alfiani, D. M. (2017). Teori-Teori Umum Tnetang Pemahaman (Understanding) Dan Penafsiran (Intrerpretation). Jurnal Studi Agama-Agama Dan Pemikiran Islam, 23(1), 5–24.

Arifah Khairrani. (2019). E - Book Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Depan. 5–6. Https://Core.Ac.Uk/Reader/199666880

Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras, 7(1), 61–67. Https://Doi.Org/ 10.33373/Pythagoras.V7i1.1196

Herinawati, H., Heryani, N., Susanti, S., Danaz Nst, A. F., Imelda, I., & Iksaruddin, I. (2021). Efektivitas Self Efficacy Terhadap Pemahaman Tanda Bahaya Kehamilan Menggunakan Video Dan Buku Kesehatan Ibu Dan Anak. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 109. Https:// Doi.Org/10.36565/Jab.V10i1.290

Indah, F. P. S., Ratnaningtyas, T. O., Pratiwi, R. D., Listiana, I., & Alyumah, D. (2021). Efektivitas Edukasi Kesehatan Menggunakan Permainan Tebak Gambar Dan Audiovisual Terhadap Pemahaman Kesehatan Gigi Dan Mulut. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(1), 102–109. Https://Doi. Org/10.33024/Hjk.V15i1.3809

J., P., & R., S. (2015). Impact Of Usage Of Social Networking Sites On Youth. International Journal Of Computer Applications, 129(3), 33–34. Https://Doi. Org/10.5120/Ijca2015906792

Jatmika, S. E. D., Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Buku Ajar Pengembangan Media Promosi Kesehatan (E. Khuzaimah (Ed.)). K-Media.

Notoadmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan & Prilaku Kesehatan. In R. Watrianthos (Ed.), Jakarta: Egc (1st, Februar Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Notoadmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd Ed.). Rineka Cipta.


Prihatiningtyas, S., Nofitasari, D., & Pertiwi, N. A. S. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Implementasi Media Interaktif E-Book Selama Pembelajaran Daring Di Smk Patriot Peterongan Jombang. Diffraction: Journal For Physics Education And Applied Physics, 3(1), 1–6.

Saddhono, K. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Bipabermuatan Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Scientific-Thematic. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Kipbipa) Xi, 389–401.
Sugiyanto, & Luli, N. A. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Dismenore Pada Siswi Kelas Xii Smk Negeri 2 Godean Sleman Yogyakarta. University Research Colloquim 2020, 7–15. Http://Repository. Urecol.Org/Index.Php/Proceeding/Article/View/979

Susilawati, T. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Abstrak Pendahuluan Kemajuan Teknologi Menyebabkan Perubahan Paradigma Pada Dunia Pendidikan , Dimana Dampak Pada Pembelajaran . P. 8(2), 378–387.

Sutriyanto, K., Raksanagara, A. S., & Wijaya, M. (2016). Pengaruh Permainan Kartu Kasugi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa The Influence Of Game Card Kasugi Toward The Improvement Of Knowledge Of Healthy Living Behavior Of Student. Jsk, 1, 193–200.

Who. (2006). Physical Activity: Physical Activity Terms. World Health Organization, 2007(19–02), 1–13. Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Physical-Activity

Zhang, J., Brackbill, D., Yang, S., Becker, J., Herbert, N., & Centola, D. (2016). Support Or Competition? How Online Social Networks Increase Physical Activity: A Randomized Controlled Trial. Preventive Medicine Reports, 4, 453–458. Https://Doi.Org/10.1016/J.Pmedr. 2016.08.008
Published
2022-12-27
How to Cite
FAJARI, Zaky Adib; ASIYAH, Siti; -, wandi. EFEKTIVITAS EDUKASI ONLINE MENGGUNAKAN VIDEO DAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PEMAHAMAN MENGENAI PENTINGNYA AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 202-210, dec. 2022. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/3517>. Date accessed: 29 jan. 2023.