HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN DI PUSKESMAS KABUPATEN PASURUAN

  • Izza Afkarina Mutiara STIKES Arrahma Mandiri Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Minat pemanfaatan ulang pelayanan akan timbul apabila pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, nilai indikator rawat inap di Puskesmas Gempol masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan kekuatan korelasi antara kualitas pelayanan rawat inap dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan di Puskesmas Gempol Kabupaten Pasuruan.


Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Metode pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang dan menggunakan uji koefisien kontingensi.


Hasil: Diperoleh hasil terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan rawat inap dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan di Puskesmas Gempol Kabupaten Pasuruan dengan nilai p <0,001 dan r = 0,658.


Keseimpulan: Terdapat hubungan yang siginifikan antara kualitas pelayanan rawat inap dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan pasien peserta BPJS di Puskesmas Gempol, dengan kekuatan korelasi antara dua variabel kuat.

References

Baros, W. A. (2015). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Indonesia Analisa Data Susenas – Modul Kesehatan Dan Perumahan Triwulan IV Tahun 2013. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 04(02), 73–78.

Chandra, F. T. & G. (2016). Service, Quality & Satisfaction (4th ed.). Yogyakarta: Andi.
Departemen Kesehatan RI. (2009). Sistem Kesehatan. Jakarta.

Dinkes Jambi. (2017). Profil Kesehatan Kota Jambi 2016. Jambi: Riskesdas Kota Jambi.

Gunawan, G. A., Budiman, Setiawati, Suryati, Y., Inayah, I., & Pragholapati, A. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pasien dalam Memanfaatkam Kembali Jasa Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid19: Literature Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(1), 1–11.

Hafidzer. (2014). Tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS part.2. sas.kalselprov.go.id/berita-166-tentang-jaminan-kesehatan-nasional-jkn-dan-bpjs-part2.html

Halimatusa, D. (2015). Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Rawat Jalan Umum Di Puskesmas Ciputat Timur. UIN Syarif Hidatullah, Jakarta.

Hsuan-Li, M. (2011). The Influence of Perceived Service Quality on Brand Image, Word of Mouth, and Repurchase Intention: A Case Study of Min-Sheng General Hospital in Taoyuan, Taiwan. AU-GSB e-Journal, 4(1), 91–105.

Ibeng, P. (2022). Pengertian Pelayanan Kesehatan. Pendidikan.Co.Id. https:// pendidikan.co.id/pelayanan-kesehatan-pengertian-jenis-kriteria-skema-tujuan-menurut-para-ahli/

Ilkafah. (2022). Kepuasan Pasien sebagai Indikator Mutu dalam Pelayanan Kesehatan. Unair NEWS. https://news.unair.ac.id/2022/01/04/kepuasan-pasien-sebagai-indikator-mutu-dalam-pelayanan-kesehatan/?lang=id

Jasfar, F. (2005). Manajemen Jasa (C. Pertama). Bogor: Ghalia Indonesia.

Kosnan, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntasi, 21(4).

Lee, S., & Kim, E. K. (2017). The Effects of Korean Medical Service Quality and Satisfaction on Revisit Intention of the United Arab Emirates Government Sponsored Patients. Asian Nursing Research, 11(2), 142–149. https://doi.org/10.1016/j.anr.2017.05.008

Lidwina, A. L. (2021). Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Capai 222,5 Juta Orang hingga 2020. https://databoks.katadata.co.id/ datapublish/2021/01/06/jumlah-peserta-bpjs-kesehatan-capai-2225-juta-orang-hingga-2020

Lovelock, Wirtz, & M. (2010). Pemasaran jasa manusia, teknologi,strategi. Erlangga.

Notoadmojo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pardede, A. S. (2018). Prosiding hasil Penelitian Dan PkM Dosen Akademi Keperawatan Yayasan Unversitas Kristen Indonesia. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia (RSU UKI), Kota Jakarta.

Permana, M. . (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan KesehatanTerhadap Minat Kunjungan UlangPasien ke Puskesmas Kota Medan [Universitas Sumatera Utara]. http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/10346/141301061.%0Apdf?sequence=1&isAllowed=y

Pohan. (2003). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Kesaint Blane?: Bekasi.


Pratama, W. P. (2020). Survei BPJS Kesehatan: Kepuasan Pelayanan Rumah Sakit Meningkat. Bisnis Indonesia. https://finansial.bisnis.com/read/20201203/215/1325882/survei-bpjs-kesehatan-kepuasan-pelayanan-rumah-sakit-meningkat

Priyoto. (2014). Teori Sikap dan Perilaku Dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Putri, W. C. W. S., Yuliyatni, P. C. D., Aryani, P., Sari, K. A. K., & Sawiri, A. A. S. (2017). Dasar-dasar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Rosalina, R. (2019). Studi Tentang Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Remaja Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 7(2), 1019–1032.

Saputra, A., & Ariani, N. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo Nursing Journal, 1(1), 48–60. https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/1

SDGs. (2017). Tujuan 03. https://www.sdg203 0indonesia.org

Sugiyono, E. . (2013). Faktor yang Berhubungan dengan Minat Pemanfaatan Kembali Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Stella Maris Makassar. Universitas Hasanuddin.

Syahputra, A., Saragih, L., & Pardede, D. W. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Minat Kunjumgan Ulang Pasien Rawat Jalan Poli PEnyakit Dalam Di Rumah Sakit Granmed Lubuk Pakam. Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 4(2), 143–148. https://doi. org/10.35451/jkg.v4i2.1074

Tjiptono, F. (2004a). Manajemen Jasa (Edisi Pert). Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2004b). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.

Trimurthy, I. (2008). Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Universitas Diponegoro Semarang.
Published
2022-05-20
How to Cite
MUTIARA, Izza Afkarina. HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN DI PUSKESMAS KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 40-49, may 2022. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/3232>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v8i1.3232.