HUBUNGAN SIKAP PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KABUPATEN PASURUAN

  • Hanna Sukmawati STIKES Arrahma Mandiri Indonesia
  • Titis Eka Gusti
  • Eka Yusmanisari

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia fasilitas pelayanan, kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap evaluasi terhadap ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja produk setelah dipakainya. Tujuan dari penelitian ini adalah digunakan untuk mengetahui hubungan antara sikap petugas pendaftaran dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas gempol.


Subjek dan Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross secsional, dengan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 58 responden, dengan menggunakan teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling dan dengan menggunakan uji resgresi logistik, lokasi penelitian dilakukan di puskesmas gempol. Pada penelitian ini variabel independennya yaitu sikap petugas dan variabel dependennya kepuasan pasien.


Hasil: Hasil pada variabel sikap petugas pendaftaran dengan p = 0,05 hal ini menunjukkan bahwa nilai p kurang dari sama dengan 0,05


Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap petugas pendaftaran dengan kepuasan pasien rawat jalan.

References

Alfian, A. R., Tika, D., Leonard, D., & Mardiawati, D. (2020). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasaan Pasien TPPRJ Di Puskesmas Ulak. Administration & Health Information of Journal, 1(2), 99–105. http://ojs.stikeslandbouw.ac.id/index.php/ahi%0D

Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadapp kepuasan pasien rawat jalan RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 5(2), 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164

Anasril, A. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN (Studi Di Puskesmas Cot Seumeureung Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat). Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA), 2(2), 51–58. https://doi.org/10.32672/ makma.v2i2.1301

Anggaraeni, N. M. (2021). Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas Dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan UPTD Puskesmas II Negara (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, 1(2), 225–234.

Bustomi. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. In Penjaminan mutu pelayanan kesehatan & akseptabilitasnya. Erlangga.

Hanifah, Setyadi, N. A., & Werdani, K. E. (2021). Kajian Literatur Faktor-Faktoryang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Rumah Sakit. 4, 76–86.

Herman, Sudirman, & Nizmayunun. (n.d.). ubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. 22–35.

Iwan, R., & et al. (2020). Hubungan pelayanan petugas dan ketersediaan fasilitas dengan kepuasan pasien di poli umum puskesmas dolo kecamatan dolo kabupaten sigi. 000, 1–9.

Khairunnisa, & et al. (2021). Hubungan Karakteristik Dan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Covid-19Pada Masyarakat Desa Paya Bujok Blang Pase Kota Langsa. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 7(1), 53. https://doi.org/10.29103/ averrous.v7i1.4395
Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140. https://doi.org/10.22146/jkesvo.30327

Maslow Abraham H. (1984). Motivatio and Personality Teori Motivasi dengan Motivasi dan Kepribadian. Cantrik Pustaka, cet: 1.

Mernawati, D., & Zainafree, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 1(1), 45–52.

Neviza, R., & Ardenny. (2021). Hubungan sikap petugas pendaftaran dan waktu tunggu terhadap indeks kepuasan pasien peserta BPJS di instalasi rawat jala RSUD puri husada tembilahan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(0.1101/2021.02.25.432866), 1–15.

Nurdelima, et al. (2021). Hubungan Response Time dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Cipedes. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(8), 927–932.

Pangerapan D, P. O. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1), 9–18.

Pasalli’, A., & Patattan, A. A. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.52774/ jkfn.v4i1.57

Permenkes. (2016). permenkes no 43 tahun 2016 Peraturan Menteri Kesehatan tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

Rahmatiqa, C., Ropendi, P., & Widuri, N. E. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelayanan Prima Pada Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di Rsud Sultan Thaha Saifuddin Kabupaten Tebo. 540–549.

Setianingsih, A., & Susanti, A. susi. (2021). Pengaruhkualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit S. 4(1), 22–27.

Simandalahi, T., Morika, H. D., Sartiwi, W., & Dewi, R. I. S. (2019). Hubungan Response Time dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). Http://Dx.Doi.Org/10.36053/Mesencephalon.V5i2.114.

Sriatmi, A., & et al. (2017). Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (Sec) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 2(1), 9–14.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif R & D. AlFabeta CV.

Suryawati C, Dharminto, Z. S. (2006). Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Di Provinsi Jawa Tengah 2006; 9 (4): 177-184. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan 2006; 9 (4): 177-184.

Tarigan, H., & Ginting, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(2), 58–64.

Ulfa, H. M., &, & Azlina. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Prima Di Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi Provinsi Riautahun 2016. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 4(1), 81–90. https://doi.org/10.33560/.v4i2.140

Wardani, I. K., Koeswo, M. K., & Sarwiyata, T. W. (2018). Efektifitas Pelatihan Komunikasi Terhadap Kepuasan Pasien Pada Petugas Informasi Dan Pendaftaran Rumah Sakit. Profesi (Profesional Islam)?: Media Publikasi Penelitian, 15(2), 71. https://doi.org/10.26576/ profesi.265
Published
2022-05-20
How to Cite
SUKMAWATI, Hanna; GUSTI, Titis Eka; YUSMANISARI, Eka. HUBUNGAN SIKAP PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 90-101, may 2022. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/3231>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v8i1.3231.