HUBUNGAN SIKAP PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS DI KABUPATEN PASURUAN

  • Hanna Sukmawati STIKES Arrahma Mandiri Indonesia

Abstract

Latar Belakang:  Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia fasilitas pelayanan, kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap evaluasi terhadap ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja produk setelah dipakainya. Tujuan dari penelitian ini adalah digunakan untuk mengetahui hubungan antara sikap petugas pendaftaran dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas kabupaten pasuruan.


Subjek dan Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross secsional, dengan  populasi sebanyak 139 responden, sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 58 responden, dengan menggunakan teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling dan dengan menggunakan uji resgresi logistik, lokasi penelitian dilakukan di puskesmas kabupaten


Hasil: Hasil pada variabel sikap petugas pendaftaran dengan p-value (sig) sebesar 0,05 hal ini menunjukkan bahwa nilai p-value kurang dari sama dengan 0,05 yang menyatakan bahwa variabel sikap petugas pendaftaran signifikan.

Published
2022-07-08
How to Cite
SUKMAWATI, Hanna. HUBUNGAN SIKAP PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS DI KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 90-101, july 2022. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/3231>. Date accessed: 05 oct. 2022.