ANALISIS TINGKAT EFISIENSI DAN OUTCOME PELAYANAN DI RS AISYAH SITI FATIMAH SIDOARJO SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Umi Khoirun Nisak Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Titin Wahyuni Stikes Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya
  • Nova Mellania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Cholifah .

Abstract

Latar Belakang: Rumah Sakit selama masa Pandemi COVID-19 berusaha keras untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan akibat COVID-19. Analisis efisiensi RS dan outcome pelayanan RS diperlukan untuk memperbaiki dan menilai kualitas pelayanan RS yang diberikan kepada pasien. Dalam mengukur efisiensi pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit digunakan analisis penggunaan tempat tidur melalui grafik Barber Johnson Untuk menilai outcome suatu pelayanan melalui angka mortalitas dan morbiditas.


Subjek dan Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pengumpulan data secara wawancara kepada tenaga kesehatan yang meliputi Profesional Pemberi Asuhan (PPA) sebanyak 10 orang dan studi dokumen. Penelitian dilakukan selama Agustus Desember 2021. Data yang diperolah diolah menjadi data prosentase dan grafik Barber Johnson.


Hasil: Hasil Penelitian Angka mortalitas pada bulan juni 24,2% dan Juli 41,7%. Grafik barber Johnson berada pada area tidak efisien. BTO pada bulan juni dan juli 2021 adalah 5 dan 3, TOI pada bulan juni dan juli 2021 adaalag 2.6 dan 6.9.


Kesimpulan: RS Aisyiyah Siti Fatimah Sidoarjo masih belum masuk ke dalam daerah efisien Grafik Barber-Johnson. Angka mortalitas dan morbiditas juga tinggi karena pandemic COVID-19. Strategi yang dapat dilakukan dengan mengadakan menambah tempat tidur yang tersedia selama Pandemi COVID-19 sebagai upaya mitigasi bencana RS, dan memperbaiki menambah alat-alat penunjang pelayanan medis terkait COVID-19 agar pelayanan rawat inap menjadi efisien.

References

Aday, L. Ann. (2004). Evaluating the healthcare system: Effectiveness, efficiency, and equity. Health Administration Press?: Academy Health; /z-wcorg/. https://apps.uqo.ca/LoginSigparb/LoginPourRessources.aspx?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&scope=site&db=nlebk&AN=117422

Alolayyan, M. N., Alyahya, M. S., Alalawin, A. H., Shoukat, A., & Nusairat, F. T. (2020). Health information technology and hospital performance the role of health information quality in teaching hospitals. Heliyon, 6(10), e05040. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05040

CDC. (2020, April 24). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/covid-data/covidview/04172020/covid-like-illness.html

Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. (2021). Profil Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020. http://dinkes.sidoarjokab.go.id/2021/05/27/profil-kesehatan-kabupaten-sidoarjo-tahun-2020/

E, W., E, H., LangnessSimone, L, M., IrisPatricia, & SammannAmanda. (2020). Where Are All the Patients? Addressing Covid-19 Fear to Encourage Sick Patients to Seek Emergency Care. NEJM Catalyst Innovations in Care Delivery. https://catalyst.nejm.org/doi/full/10.1056/CAT.20.0193

Ery Rustiyanto. (2010). Statistik rumah sakit untuk pengambilan keputusan. Graha Ilmu. http://inlislite.dispusip.jakarta. go.id/dispusip/opac/detail-opac?id=37915

Farmani, P. I., & Dewi, N. M. U. K. (2020). Analisis Efisiensi Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Dharma Yadnya di Era JKN. Bali International Scientific Forum, 1(1), 1–11.

Nemati, R., Bahreini, M., Pouladi, S., Mirzaei, K., & Mehboodi, F. (2020). Hospital service quality based on HEALTHQUAL model and trusting nurses at Iranian university and non-university hospitals: A comparative study. BMC Nursing, 19(1), 118. https://doi.org/10.1186/s12912-020-00513-y

Surendra, H., Elyazar, I. R., Djaafara, B. A., Ekawati, L. L., Saraswati, K., Adrian, V., Widyastuti, Oktavia, D., Salama, N., Lina, R. N., Andrianto, A., Lestari, K. D., Burhan, E., Shankar, A. H., Thwaites, G., Baird, J. K., & Hamers, R. L. (2021). Clinical characteristics and mortality associated with COVID-19 in Jakarta, Indonesia: A hospital-based retrospective cohort study. The Lancet Regional Health – Western Pacific, 9. https://doi.org/10.1016/j.lanwpc.2021.100108

World Health Organization. (2006). Quality of care: A process for making strategic choices in health systems. WHO IRIS. https://apps.who.int/iris/handle/10665/43470

Wurcel, V., Cicchetti, A., Garrison, L., Kip, M. M. A., Koffijberg, H., Kolbe, A., Leeflang, M. M. G., Merlin, T., Mestre-Ferrandiz, J., Oortwijn, W., Oosterwijk, C., Tunis, S., & Zamora, B. (2019). The Value of Diagnostic Information in Personalised Healthcare: A Comprehensive Concept to Facilitate Bringing This Technology into Healthcare Systems. Public Health Genomics, 22(1–2), 8–15. https://doi.org/10.1159/000501832
Published
2021-11-30
How to Cite
NISAK, Umi Khoirun et al. ANALISIS TINGKAT EFISIENSI DAN OUTCOME PELAYANAN DI RS AISYAH SITI FATIMAH SIDOARJO SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 115-121, nov. 2021. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/2968>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v7i2.2968.