RANCANG BANGUN SISTEM BILLING BERBASIS WEB DI KLINIK DANDER MEDICAL CENTER

  • tegar wahyu yudha pratama stikes muhammadiyah bojonegoro

Abstract

Latar Belakang: Sistem billing di Klinik Dander Medical Center masih dilakukannya secara manual semua perhitungan dan rekapan pembayaran rawat inap, rawat jalan dan UGD masih menggunakan microsoft excel. Bahkan nota pembayaran masih menggunakan nota toko/nota barang untuk menulis pembayaran pasien rawat jalan, rawat inap dan UGD.


Subjek dan Metode: Bagian ini terdiri dari desain penelitian, lokasi penelitian, populasi sasaran, ukuran dan teknik pengambilan sampel, variabel dependen dan independen, metode atau instrumen pengukuran variabel, serta metode analisis data


Hasil: Mengimplementasian sistem informasi rekam medis elektronik rawat jalan berbasis web sudah sesuai dengan fungsi dan kegunaan setiap menu yang ada pada sistem. Tombol tombol juga sudah berfungsi dengan baik.


Kesimpulan: Penelitian ini berhasil membangun aplikasi Rancang Bangun Sistem Billing Klinik Dander Medical Center

References

Arief, M.R (2011). Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Azhar, S. (2008). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Jogiyanto, H.M (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Ladjamuddin, A.B (2015). Analisis dan Design Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Presiden RI. (2009). Undang - Undang RI No 44 Tentang Rumah Sakit. Lembaga Negara RI : Jakarta

Pressman, R. S. (2001), Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Fifth Ed. New York, McGraw-Hill Book Company.

Yeni, K & Devie R. A. (2011). Pemograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Graha Ilmu : Yogyakarta.
Published
2021-11-30
How to Cite
YUDHA PRATAMA, tegar wahyu. RANCANG BANGUN SISTEM BILLING BERBASIS WEB DI KLINIK DANDER MEDICAL CENTER. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 122-129, nov. 2021. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/2958>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v7i2.2958.