HUBUNGAAN KOMUNIKASI DENGAN MINAT KEMBALI PEMANFAATAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT

  • Heriyati - Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
  • Marlina Faizal Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
  • Maryati . Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Latar Belakang : Minat kembali adalah bagian dari bentuk kepuasan para pelanggan setelah menerima pelayanan. Berdasarkan kumlah kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Majene diketahui memiliki angka kunjungan yang fluktuatif .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi dengan minat kunjungan kembali di instalasi rawat jalan di RSUD majene.


Subjek dan Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Metode pengambilan sampel dengan teknik porpusive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 394 orang dan menggunakan chi square.


Hasil : Diperoleh hasil ada hubungan manajemen komunikasi dengan minat kunjungan kembali pasien dengan nilai p= 0.000 (p< 0.05).


Kesimpulan : ada hubungan yang bermakna komunikasi dengan minat kunjungan kembali pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Majene.  Diharapkan pihak rumah sakit terus memperhatikan dan melaksanakan komunikasi yang efektif sehingga agar kualitas pelayanan kesehatan meningkat sehingga pasien dan masyarakat berminat menggunakan fasilitas pelayanan di instalasi rawat jalan RSUD Majene.

References

Fourianalistyawati, E. (2015). Komunikasi Yang Relevan Dan Efektif Antara Dokter Dan Pasien. Journal Psikogenesis, 1(1). https://doi.org/10.31227/osf.io/q4b3a
Halimatusa’diah. (2015). Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Rawat Jalan Umum Di Puskesmas Ciputat Timur Tahun 2015.
Komisi Akreditasi Rumah Sakit. (2019). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit 1.1. Kementerian kesehatan.
Lovelock, Wirtz, & M. (2010). Pemasaran jasa manusia, teknologi,strategi. Erlangga.
Mundakir. (2013). Komunikasi Keperawatan Aplikasi dalam Pelayanan, Edisi 1. Graha Ilmu.
Sahara, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Atas Pelayanan Dokter Terhadap Minat Kunjungan Ulang (Studi Pada Pasien Umum Di Instalasi Rawat Jalan RSUD A Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung) Nita Sahara. 3(2), 60–66.
Wahyuni T, Yanis A, E. K. A. V. 2(3). (2013). Hubungan Komunikasi Dokter–Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Poliklinik RSUP DR. M. Djamil Padang. Kesehatan Andalas, 2(3).
Yustikarini, P. (2012). Pengaruh Mutu Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar. Universitas Indonesia.
Published
2021-11-30
How to Cite
-, Heriyati; FAIZAL, Marlina; ., Maryati. HUBUNGAAN KOMUNIKASI DENGAN MINAT KEMBALI PEMANFAATAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 91-96, nov. 2021. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/2232>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v7i2.2232.