%A Sakti, Dea Allan Karunia %A Selvianita, Devi %A Maharanita, Nisaatul %A Pratiwi, Riri Amanda %A Rachmadiah, Yudith %A Pratomo, Hadi %D 2020 %T SUBSTANSI DAN FORMAT EDUTAINMENT MUSIC VIDEO SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PENCEGAHAN COVID-19 DI MASYARAKAT %K %X Strategi komunikasi kesehatan dibutuhkan untuk membentuk perilaku mencegah COVID-19 di masyrakat. Tujuan penelitian ini adalah menelaah dan memberikan rekomendasi edutainment music video pencegahan COVID-19. Jenis penelitian ini adalah riset kualitatif dengan analisis tematik. Video musik sabyan gambus dan roma irama bertemakan COVID-19 menjadi trending dan viral melalui platform Youtube. Pesan agama yang dipadukan dengan kesehatan dapat digunakan pada topik produk edutainment music video pencegahan COVID-19. Penggunaan musisi yang sudah dikenal masyarakat, genre musik pop, durasi tidak lebih dari 3 menit, serta video dan lirik yang menampilkan dan mengandung unsur pencegahan COVID-19 dapat menjadi rekomendasi substansi dan format produk edutainment music video bertemakan pencegahan COVID-19. %U https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/1549 %J Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI) %0 Journal Article %R 10.31290/jiki.v6i1.1549 %P 101-111%V 6 %N 1 %@ 2615-5516 %8 2020-07-09