Gambaran Tingkat Pengetahuan Petugas tentang Fraud di Rumah Sakit Kawali

Penulis

  • Maudy Sheila Madjid Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Dedi Setiadi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

Kata Kunci:

Diagnosis, Fraud, Klaim, Pengetahuan, Rekam Medis

Abstrak

Fraud dalam pelayanan kesehatan masih menjadi tantangan serius karena menyebabkan kerugian finansial dan menurunkan mutu layanan. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai regulasi untuk mengatasi masalah ini, salah satunya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 16 Tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanganan Kecurangan (Fraud) dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu bentuk fraud yang sering terjadi adalah manipulasi kode diagnosis, seperti upcoding dan down coding klaim. Studi pendahuluan di RSUD Kawali menemukan praktik pengubahan kode diagnosis Tuberculosis menjadi suspect atas saran verifikator, meskipun bukti rekam medis menunjukkan tata laksana sudah lengkap, yang bertentangan dengan prinsip Rule MB 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-11