https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/ijhimr/issue/feed Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR) 2025-03-28T06:08:34+00:00 ddd ddd@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR)</strong> is a scientific journal that disseminates various papers in the forms of literature reviews and original articles with a focus on&nbsp;management information systems, medical records, health insurance, health financing, health policy, and other issues related to social security. This publication is issued twice a year (March and October) and accepts original articles and literature reviews. There is no charge for the manuscript sent. All manuscripts must be sent to the Editor of the Indonesian Health Information Journal through the Online Submission at this journal website. If the author has problems when sending the manuscript online, please contact the Editor.</p> <p>&nbsp;</p> https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/ijhimr/article/view/4997 Studi Kualitatif Pada Peserta PBPU Yang Melakukan Penurunan Kelas Rawat Inap di Wilayah Kabupaten Mojokerto 2025-03-28T06:04:45+00:00 Mela Ornela mela_p17430211019@poltekkes-malang.ac.id Bernadus Rudy Sunindya brsunindya@gmail.com Rizki Fadila rizkifadila@gmail.com <p>ABSTRACT<br>Objective To find out what factors cause independent participants to reduce their inpatient class and to find out the reasons for independent participants to reduce their inpatient class in the Mojokerto Regency area. This research uses a qualitative method with a descriptive approach where this research examines a problem. The informants for this research were 5 PBPU participants who had been reduced to inpatient class. Triangulation informants were staff at the Japanan village office who had been reduced to inpatient classes. Data collection techniques by means of interviews. According to research results, the perception of informants was that most of this was because people had been disappointed with the services they received when accessing BPJS Health services, they said the services they received were less than satisfactory, but they continued paying because they were afraid and worried about getting sick in the future.</p> <p>ABSTRAK <br>Tujuan Penelitian Untuk Mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan peserta mandiri melakukan penurunan kelas rawat inap dan Untuk mengetahui alasan peserta mandiri melakukan penurunan kelas rawat inap di Wilayah Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dimana penelitian ini mengkaji suatu masalah. Informan penelitian ini adalah 5 peserta PBPU yang pernah melakukan penurunan kelas rawat inap. Informan Triangulasi adalah Staff di kantor desa japanan yang pernah melakukan penurunan kelas rawat inap. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Menurut hasil penelitian persepsi informan sebagian besar Hal ini disebabkan karena masyarakat pernah kecewa dengan pelayanan yang diterima saat mengakses layanan BPJS Kesehatan, mereka mengatakan layanan yang diterima kurang memuaskan, akan tetapi mereka melanjutkan pembayaran karena mereka takut dan khawatir akan sakit di masa mendatang.</p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR) https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/ijhimr/article/view/4999 Hubungan Pendapatan dengan Kepatuhan Peserta PBPU Membayar Iuran JKN Kelurahan Keniten Ponorogo 2025-03-28T06:08:34+00:00 Elfina Nur Safitri elfinasafitri29572@gmail.com Bernadus Rudy Sunindya brsunindya@gmail.com Eko Rahman Setiawan eko_rahman_s@poltekkes-malang.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kepesertaan semakin meningkat tidak sejalan dengan kepatuhan dalam membayar iuran JKN. Ketidakpatuhan dalam pembayaran premi lebih didominasi oleh peserta mandiri atau bisa disebut dengan PBPU. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Kelurahan Keniten didapati 4 dari 10 peserta yang menunggak pembayaran iuran JKN. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pendapatan dengan kehadiran peserta segmentasi PBPU dalam membayar iuran JKN di Kelurahan Keniten Kabupaten Ponorogo. Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif analitik dengan desain </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">cross sectional</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . Responden penelitan ini adalah 94 responden peserta JKN segmentasi PBPU di Kelurahan Keniten. Teknik sampel yang digunakan yaitu </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">non probabilitas</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dengan memilih </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">purposive sampling</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . Variabel penelitian ini adalah pendapatan dan kehadiran peserta JKN segmentasi PBPU. Teknik pengumpulan data menggunakan alat ukur kuesioner. Hasil : Tingkat pendapatan cenderung memiliki pendapatan rendah yaitu sebesar 59,6% dan tingkat pemenuhan dengan tidak patuh yaitu 58,5%. Hasil uji </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">chi-square</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> diperoleh nilai ( </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">p-value</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> = 0,000) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan </span></span><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">:</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Adanya hubungan yang signifikan antara pendapatan dengan kepatuhan peserta segmentasi PBPU dalam membayar iuran JKN di Kelurahan Keniten Kabupaten Ponorogo</span></span></p> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR) https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/ijhimr/article/view/5010 Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta JKN di Puskesmas Candi Sidoarjo 2025-03-28T06:04:50+00:00 Aprillia Sandra Etika aprillia_p17430213042@poltekkes-malang.ac.id Ngesti W Utami ngesti_w@poltekkes-malang.ac.id Bernadus Rudy Sunindya brsunindya@gmail.com <table width="631"> <tbody> <tr> <td width="425"> <p>Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diberikan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan setiap pasien.&nbsp;Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk adalah mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan berdasarkan penilaian peserta JKN di Puskesmas Candi Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara mengisi kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan bagi peserta JKN di Puskesmas Candi Sidoarjo dengan nilai 86%,&nbsp;sedangkan masing-masing dimensi yaitu dimensi Reliability diperoleh sebanyak 100 orang yang merasa baik,&nbsp;dimensi Responsiveness diperoleh sebanyak 99 orang&nbsp;,dimensi Empathy diperoleh 100 orang yang merasa baik,&nbsp;dimensi Assurance diperoleh 91 orang yang merasa baik,&nbsp;dimensi Tangible diperoleh sebanyak 96 orang&nbsp;.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-03-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR) https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/ijhimr/article/view/5102 Analisis Ketepatan Pembayaran Iuran JKN KIS Segmentasi PBPU Di Kelurahan Tawanganom Magetan 2025-03-28T06:04:52+00:00 Firantika Firdha Suwadi firdhafirantika@gmail.com Bernadus Rudy Sunindya brsunindya@gmail.com Moh Wildan mohwildan@gmail.com <p>Pendapatan merupakan hasil dari aktivitas masyarakat setiap bulan,<br> sama dengan upah minimum pendapatan perkapita daerah. Tingkat pendapatan dan kesadaran masyarakat dalam berasuransi memiliki hubungan yang signifikan.Seseorang dengan pendapatan tinggi cenderung lebih sadar akan pentingnya asuransi dan konsisten dalam membayar iuran. Di sisi lain, mereka dengan pendapatan rendah biasanya tidak konsisten dalam membayar iuran JKN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Hubungan antara Pendapatan Masyarakat dan Ketepatan Pembayaran Iuran JKN KIS Segmentasi PBPU di Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan dengan menggunakan metode analitik dan desain <em>Crosssectional.</em> Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pada 98 sampel. Teknik <em>purposive sampling</em> digunakan dalam penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pendapatan masyarakat dengan ketepatan pembayaran iuran JKN KIS. Dalam penelitian ini, Kelurahan Tawanganom memiliki pendapatan rendah. Hal ini menyebabkan masyarakat cenderung tidak membayar iuran JKN KIS dengan tepat&nbsp;karena masih memiliki kepentingan dan kebutuhan lain yang belum terpenuhi.</p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR) https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/ijhimr/article/view/5288 Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ketidakakuratan Kode Diagnosis Penyakit Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TNI AD Bhirawa Bhakti Kota Malang 2025-03-28T06:04:54+00:00 Isnaini Qoriatul Fadhilah isnainiqoriatul@poltekkes-smg.ac.id Ni Luh Putu Komala komala@gmail.com Eiska Rohmania Zein eiskazein@poltekkes-malang.ac.id <p><em><span lang="EN-GB">Classification and codification of diagnoses are the most important aspects of medical record services. In coding there is accuracy and inaccuracy of diagnosis codes related to claims or costs. The coding of disease diagnoses at the Bhirawa Bhakti Hospital, there are still inaccuracies, so the aim of this research is to analyze the factors that influence the accuracy of inpatient disease diagnosis codes at the hospital. The type of this research is a mixed method with research instruments using checklist sheets, observation, and interview guidelines. This research was conducted at the Bhirawa Bhakti Army Hospital, Malang City. The population used in this research is medical records in quarter 3 of 2023, amounting to 625 files, with a sample calculated using the Slovin formula amounting to 86 files were taken randomly. Accuracy of the diagnosis code as the dependent variable and factors using 5M as the independent variable. Based on the research, completeness of files obtained is 88.4%, or 76 files, while the incompleteness of files is 11.6%, or 10 files. The accurate diagnosis coding results amount to 65.1%, or 56 files, while inaccurate diagnosis coding amounts to 34.9%, or 30 files. Based on interviews and observations with the head of the installation and codification officers, it is found that coding accuracy can be influenced by the 5M factors which include educational background (Man), implementation of codification guided by SPO not yet optimal (Method), absence of reward and punishment systems and there is an impact on the claim if an error occurs in the fourth and fifth characters (Money), legibility of doctor's handwriting and incomplete filing form (Material), and a system that is still transitioning to electronic (Machine)</span></em><span lang="EN-GB">. </span><span lang="EN-US">Training for improving coder qualifications, monitoring, along with evaluation, as well as a system of penalties and rewards to incentivize officers, would be preferred.</span></p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR) https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/ijhimr/article/view/5186 Analisis Penyebab Klaim Pending BPJS Kesehatan pada Layanan Rawat Inap di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang 2025-03-28T06:04:56+00:00 Alfi Lailiya Anwar alfilailiaanwar@gmail.com Herlinda Dwi Ningrum herlindadwiningrum@poltekkes-malang.ac.id Ayu Tyas Purnamasari ayutyaspurnamasari@poltekkes-malang.ac.id <p>BPJS Health Claim is the submission of BPJS Health patient care costs by the hospital to the BPJS Health which is carried out collectively and billed every month. The process of submitting health payment claims to BPJS Health does not always run smoothly and pending claims can occur. The incidence of pending claims at Kanjuruhan Hospital Malang Regency is caused by several factors including administrative factors, coding factors, and medical factors. Based on preliminary studies, 860 pending claim files were found in January - June 2023. The method used is quantitative research. The research sample in this study used total sampling, namely 273. Data collection was carried out by means of document review. It was found that the causes of pending claims from administrative factors were 71 (26%), coding factors were 149 (55%), and medical factors were 54 (19%). Based on administrative factors, the most common cause of pending claims is due to incomplete supporting documents followed by incomplete claim documents. Based on the coding factor, the most common cause was the placement of primary and secondary diagnoses that were not in accordance with ICD 10 followed by actions that were not in accordance with ICD 10, ICD 9, and PMK Number 26 of 2021 and finally the writing of diagnosis codes. Based on medical factors, the most common cause was due to the medical resume, followed by incomplete supporting results and finally medical enforcement without supporting data.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Klaim BPJS Kesehatan adalah pengajuan biaya perawatan pasien BPJS Kesehatan oleh pihak rumah sakit kepada BPJS Kesehatan yang dilakukan secara kolektif dan ditagihkan setiap bulanya. Proses pengajuan klaim pembayaran kesehatan kepada BPJS Kesehatan tidak selamanya berjalan lancar dan dapat terjadi pending klaim. Kejadian pending klaim di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor administrasi, faktor koding, dan faktor medis. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan berkas pending klaim pada bulan Januari – Juni 2023 sebanyak 860 berkas klaim. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu sebanyak 273. Pengumpulan data dilakukan dengan cara telaah dokumen. Didapatkan penyebeb klaim pending dari faktor administrasi sebesar 71 (26%), faktor koding sebesar 149 (55%), dan faktor medis sebesar 54 (19%). Berdasarkan faktor administrasi penyebab terbanyak pending klaim karena dokumen penunjang yang tidak lengkap diikuti dengan ketidak lengkapan dokumen klaim. Berdasarkan faktor koding penyebab terbanyak karena Penempatan diagnosis primer dan sekunder yang tidak sesuai dengan ICD 10 diikuti tindakan yang tidak sesuai dengan ICD 10, ICD 9, dan PMK Nomor 26 Tahun 2021 dan yang terakhir penulisan kode diagnosis. Bedasarkan faktor medis penyebab terbanyak karena Resume medis diikuti ketidak lengkapan hasil penunjang dan yang terakhir penegak medis belum ada data pendukung.</p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR) https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/ijhimr/article/view/5298 Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Era RME Rumah Sakit 2025-03-28T06:04:59+00:00 Syndia Puspitasari syndiapuss96@gmail.com Ollyviane Amalia Putri ollyviane_p17410221005@poltekkes-malang.ac.id Avid Wijaya avidwijaya@poltekkes-malang.ac.id <p>Tingkat keberhasilan suatu rumah sakit dalam menjalankan tugasnya dilihat dengan mutu pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan yang bermutu dapat ditandai dari bagaimana pengelolaan pelayanan pasien ditinjau dari tempat pendaftaran pasien rawat jalan. Berdasarkan hasil observasi awal pada Rumah Sakit TNI-AD Bhirawa Bhakti masih ditemukan beberapa masalah seperti antrian yang kurang terstruktur, komunikasi yang kurang baik dengan pasien, dan adanya masalah dalam kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kualitas kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan pendftaran rawat jalan di era RME pada Rumah Sakit TNI-AD Bhirawa Bhakti. Metode penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit TNI-AD Bhirawa Bhakti dengan jumlah sampel 98 responden. Hasil dari penelitian menggunakan uji chi square (p value 0,001&lt; 0,05) diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien dengan mutu pelayanan pendaftaran di Rumah Sakit TNI-AD Bhirawa Bhakti. Dengan adanya penelitian ini diharapkan Rumah Sakit dapat terus meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan pada tempat pendaftaran pasien rawat jalan, serta dapat menjamin kerahasiaan pada setiap pasien dan melakukan survei kepuasan secara berkala untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan serta mutu pelayanan.</p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR)