MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND BUKU KIA TERHADAP KEMANDIRIAN KADER

  • suprapti suprapti Poltekkes Kemenkes Malang, Jalan Besar Ijen No 77 C Malang, Jawa Timur

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk menurunkan AKI adalah dengan meningkatkan pemahaman ibu tentang buku KIA oleh kader kesehatan. Pembelajaran outbond merupakan pembelajaran simulasi dengan melibatkan peran kader. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen melalui penggunaan model pembelajaran outbound buku KIA untuk peningkatan kemandirian kader dalam mendukung program buku KIA. Sampel penelitian sebesar 32 dengan teknik purposive sampling. Tempat penelitian adalah Puskesmas Ciptomulyo pada bulan Juli hingga Nopember 2016. Hasil penelitian model pembelajaran outbound buku KIA terhadap kemandirian kader menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada tanggung jawab kader yaitu 0,033, inisiatif yaitu 0,005, percaya diri kader yaitu 0,006, dan kepuasan yaitu 0,015 sebelum dan sesudah pembelajaran outbound.

References

Ancok, Djamaluddin. (2002). OB Management Training. Yogyakarta: UII-Press.
Depkes RI. 2008. Buku Kesehatan Ibu dan Anak Provinsi Jawa Timur. Jakarta : Departemen Kesehatan dan JICA (Japan International Cooperation Agency)
Effendi, F. dan Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia
Meilani, N. (2009). Kebidanan Komunitas. Yogyakarta: Fitramaya
Susanta, A. (2010). Outbound Profesional. Yogyakarya: Andi Offset.
Published
2018-05-16
How to Cite
SUPRAPTI, suprapti. MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND BUKU KIA TERHADAP KEMANDIRIAN KADER. Jurnal Pendidikan Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 42-46, may 2018. ISSN 2442-7993. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/jpk/article/view/294>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jpk.v7i1.294.
Section
Original Research
Array ( )