Implementation Of Bogor Regional Regulation Policy On Conceling Services And Future bridegroom’s Voluntary Test at Bogor in HIV/AIDS context

  • yohana wulan rosaria Poltekkes Kemenkes Bandung Prodi Kebidanan Bogor
  • Sri Wahyuni Poltekkes Kemenkes Bandung

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam rangka pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS adalah melalui kebijakan dalam bentuk regulasi dengan penyusunan suatu  Peraturan Daerah tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS  dengan menetapkan Peraturan Daerah Kota Bogor No. 4 Tahun 2016 tentang pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS pada pasal 12 paragraph 3 tentang pencegahan penularan HIV/AIDS pada calon pengantin yang tertera pada pasal 13 ayat 3 yang berbunyi “setiap calon pengantin dirujuk ke Puskesmas untuk melakukan tes HIV/AIDS†dikarenakan jumlah penderita HIV-AIDS di Kota Bogor masuk dalam tiga besar kota se- Jawa Barat. Hal ini terjadi akibat adanya interaksi manusia berbagai kalangan sehingga menjadikan Kota Bogor berpotensi sebagai kawasan yang dapat mempercepat terjadinya penyebaran HIV-AIDS terutama melalui 2 (dua) cara yaitu hubungan seks yang tidak aman dan penyalahgunaan NAPZA suntik.


Implementasi suatu layanan kesehatan dapat berjalan dengan baik atau tidak sangat memerlukan adanya kebijakan pemerintah pusat yang kemudian diterjemahkan ke dalam kebijakan pemerintah daerah sesuai dengan sumber daya yang dimiliki oleh masing – masing daerah. (Sugiharti, 2016) Mengetahui bagaimana implementasi kebijakan peraturan daerah Kota Bogor terhadap konseling dan tes sukarela pada calon pengantin di kota bogor dalam konteks HIV/AIDS adalah tujuan dari penelitian ini.


Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu adanya peraturan walikota yang   tentang konseling dan tes sukarela pada calon pengantin di kota Bogor sebagai upaya untuk menurunkan angka kejadian HIV/ AIDS di kota Bogor dan untuk melindungi serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi petugas kesehatan terkait dalam menjalankan tugasnya.


 


Kata kunci: implementasi kebijakan perda kota bogor, konseling tes sukarela, calon pengantin

Published
2020-04-28
How to Cite
ROSARIA, yohana wulan; WAHYUNI, Sri. Implementation Of Bogor Regional Regulation Policy On Conceling Services And Future bridegroom’s Voluntary Test at Bogor in HIV/AIDS context. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 101-107, apr. 2020. ISSN 2442-7993. Available at: <http://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/jpk/article/view/1425>. Date accessed: 04 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.31290/jpk.v9i1.1425.
Array ( )