UPAYA PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DAN KADER

  • Ni Luh Putu Eka Sudiwati Poltekkes Kemenkes Malang

Abstract

Masyarakat Indonesia secara turun temurun menggunakan tanaman obat untuk memelihara dan mengatasi masalah kesehatan. Hampir di setiap keluarga dapat ditemui tanaman obat namun belum semua memahami manfaat dari tanaman yang ada. Puskesmas Kromengan merupakan Puskesmas yang memiliki program pelayanan kesehatan obat tradisional melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga, salah satu bentuk program ini adalah adanya Paguyuban jamu gendong Kartini. Namun program ini belum berjalan optimal dan perlu peningkatan pemahaman kader kesehatan tentang manfaat dan pengolahan tanaman obat keluarga. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemberdayaan keluarga dalam memelihara kesehatan secara mandiri melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga. Metode yang digunakan adalah melalui pelatihan pemanfaatan tanaman obat keluarga pada Ibu rumah tangga, kader, paguyuban jamu gendong, petugas Puskesmas dan tokoh masyarakat. Alat dan bahan yang digunakan adalah media untuk penyuluhan berupa LCD, booklet. Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan, pengolahan dan pengadaan TOGA, serta pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan pada peserta pelatihan tentang pemanfaatan dan pengolahan tanaman obat keluarga, penambahan tanaman obat di Puskesmas dan terbentuknya taman TOGA di pekarangan rumah salah satu kader yang masing-masing dengan 50 jenis tanaman obat yang berasal dari Balai Materia Medika Batu. Untuk kegiatan selanjutnya perlu dilakukan upaya pembinaan dan pendampingan pada keluarga dan paguyuban jamu gendong dalam pengolahan TOGA.

Published
2019-04-25
How to Cite
SUDIWATI, Ni Luh Putu Eka. UPAYA PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DAN KADER. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 45-50, apr. 2019. ISSN 2613-9383. Available at: <http://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/852>. Date accessed: 15 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.31290/j.idaman.v(3)i(1)y(2019).page:45-50.
Array ( )