PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI BALITA DAN IBU HAMIL SERTA KETERAMPILAN MENYUSUN MENU DI DESA SUMBERSEKAR KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

  • swita komang Poltekkes Kemenkes Malang, Jalan Besar Ijen No 77 C Malang, Jawa Timur
  • Doddy Riyadi

Abstract

Tujuan dari pada kegiatan pemberdayaan kader Posyandu di desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan gizi balita dan ibu hamil serta keterampilan menyusun menu pada kader posyandu. Adapun metode dalam pemberdayaan kader posyandu dilakukan dengan : pelatihan, ceramah dan tanya jawab, praktek menyusun menu, pre-test dan pos- test, dan pendampingan sebagai tindak lanjut pelatihan. Hasil evaluasi bahwa para kader telah menujukan niat dan respon yang sangat tinggi, yaitu 100% kader dapat mengikuti sampai akhir kegiatan, dengan nilai pre-test rata-rata 66,25 dan pada post-test meningkat menjadi rata-rata 86,5.

Published
2018-05-22
How to Cite
KOMANG, swita; RIYADI, Doddy. PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI BALITA DAN IBU HAMIL SERTA KETERAMPILAN MENYUSUN MENU DI DESA SUMBERSEKAR KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 18-22, may 2018. ISSN 2613-9383. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/243>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Array ( )