The KEPATUHAN KUNJUNGAN ULANG IBU NIFAS DENGAN REMINDER “BUFAS” DI PUSKESMAS SUMBERJO KABUPATEN KEDIRI

  • Rahajeng Siti Nur Rahmawati Poltekkes Kemenkes Malang
  • Ika Yuli Krisdiana
  • Suwoyo Suwoyo

Abstract

Periode postpartum adalah periode kritis bagi ibu, sekitar 60% kematian ibu karena kehamilan terjadi setelah melahirkan, dan 50% kematian postpartum terjadi dalam 24 jam pertama persalinan. Berdasarkan hasil survei awal yang dilakukan di Puskesmas Sumberjo, ada 3 ibu dari 5 ibu yang diwawancarai yang tidak melakukan kunjungan ulang nifas, karena mereka lupa jadwal untuk kunjungan berikutnya. Penelitian ini adalah pengembangan aplikasi pengingat berbasis android yang digunakan untuk meningkatkan kepatuhan ibu dalam melakukan kunjungan ulang postpartum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepatuhan Kunjungan Ulang Ibu Postpartum dengan Pengingat BUFAS di Puskesmas Sumberjo Kediri. Penelitian ini menggunakan Survey Cohort, dengan sampel 10 responden yang diambil secara purposive sampling. Analisis data menggunakan deskriptif. Dari analisis data yang diperoleh dari 10 ibu postpartum hampir semua (90%) mengikuti kunjungan berulang postpartum. Setelah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa kepatuhan kunjungan kembali ibu nifas hampir selengkap kunjungan kedua setelah aplikasi diberikan. Berdasarkan uraian di atas, diharapkan responden dapat mematuhi kunjungan selama periode postpartum sesuai dengan program yang telah ditetapkan.

References

Bahiyatun S.Pd. S.SiT. (2008). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Jakarta: EGC.

Harista, J. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Nifas Dengan Kepatuhan Kunjungan Masa Nifas di Bpm Dewi Choirul Mala Palembang. Kesehatan, 6, 254–259.

Herlina, S. G. Y. S. O. E. (2013). Keefektifan SMS Reminder Sebagai Media Promosi Kesehatan Ibu Hamil di Daerah Terpencil. SNIMED, IV, 32–38.

Indramawati, N., & Wijayanti. (2014). Hubungan Sikap Ibu Nifas Dalam Deteksi Dini Komplikasi Masa Nifas dengan Ketepatan Kun¬jungan Nifas di BPM Sri Lumintu Jajar Surakarta. Surakarta.

Lubis, I. K. A. H. F. S. T. D. (2016). Desain Sistem Pengingat Berbasis SMS untuk Meningkatkan Kepatuhan Pengobatan Pasien Diabetes Melitus. Journal of Information Systems for Public Health, 1, 3–9.

Maternity, Dainty. SST., M. K. (2017). Asuhan Kebidanan Komunitas. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Pinaringsih, Tri. & Riyanti, Emmy. Ku-suma¬wati, A. (2017). faktor-faktor yang berhubungan dengan kun¬ungan ibu nifas ke pelayanan kesehatan di wilayah kerja puskes¬mas tlogosari kulon kota sema¬rang. Journal Kesehatan Masyara¬kat, 5, 653–660. R

Rahmawati, Lailatul & Khoiri, A. Y. T. H. (2015). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Jelbuk Kabupaten Jember. Artikel Ilmiah.

Rahmawati, R. S. N. (2017). Pengem-bangan Media Belajar Kegawat-dar¬uratan Maternal Atonia Uteri Berbasis E-Learning (Mobile Aplication). Ilmu Kese¬hatan (Vol. 5).

Tomasoa, Z. Z., Yati, D., & Setyaningsih, Y. T. (2017). Hubungan Antara Jumlah Kunjungan Nifas dengan Kualitas Hidup Ibu Nifas di Puskesmas Sewon Bantul.
Published
2020-02-07
How to Cite
RAHMAWATI, Rahajeng Siti Nur; KRISDIANA, Ika Yuli; SUWOYO, Suwoyo. The KEPATUHAN KUNJUNGAN ULANG IBU NIFAS DENGAN REMINDER “BUFAS” DI PUSKESMAS SUMBERJO KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 133-140, feb. 2020. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/1358>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v5i2.1358.